Sukses

Keluar Darah Saat Flu

27 Aug 2017, 03:16 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat siang, hal yang saya tanyakan mengenai flu yang saya alami 2 hari. Mengapa disela tidur saya, tiba" keluar darah dari hidung saya. Itu terjadi setiap saya flu dan pada saat saya merasa kedinginan yang teramat sangat, mengingat tempat saya bekerja saat ini berada di daerah pegunungan yang suhu pada malam hari 10°c, mohon penjelasannya. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab lendir hidung bercampur darah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluar darah dari hidung saat mengalami flu hebat, terutama bila dibarengi dengan seringnya frekuensi mengeluarkan ingus, merupakan hal yang cukup lumrah, karena pembuluh darah hidung cukup rapuh dan dapat pecah akibat tekanan saat batuk atau membuang ingus. Iritasi pembuluh darah ini akan meningkat bila Anda semakin sering mengeluarkan ingus dengan tekanan yang terlalu kencang. Selain itu karena Anda berada di daerah yang dingin, ini menyebabkan pembuluh darah tersebut semakin rapuh dan pecah. Namun satu hal yang perlu Anda perhatikan bahwa keluhan ini hanya berlangsung sementara dan tidak ada perdarahan aktif. Jika ada, maka Anda lebih baik kontrol ke dokter THT segera.

Untuk mencegah terjadinya kembali kondisi yang sama, anda harus menghindari membuang ingus terlalu keras dan menghindari mengorek-ngorek hidung. Namun, dapat juga merupakan tanda dari penyakit lain yang lebih serius seperti polip hidung, sinusitis atau kegananasan. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu dan mungkin pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan Anda. Untuk itu, jika keluhan masih tetap berlangsung maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang penyebab lendir hidung bercampur darah. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar