Sukses

Gonore Berulang

27 Aug 2017, 03:07 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat siang dok , Assalamuaikum Begini dok ,, saya terinfeksi gonore lbh kurang satu bulan , dan saya sudah berobat ke dokter kmudian berhasil sembuh kira" semingguan . Tak disangka maaf penis saya kluar nanah lgi dan saya pun berobat lgi dan sekarang blum sembuh. Tetapi dok saya rasa penyakit yg kmbuh ini rada bandel dan tubuh saya panas naik turun , mual, pusing dan lemas dok. Dan sayapun sudah vct dengan hasil non reaktif, apakah penyakit yg saya alami ini wajar ??? Lalu amankah saya melakukan masturbasi disaat saya sedang masa penyembuhan penyakit ini?? Mohon dokter berkenan menjawab pertanyaan saya , Terimakasih sebelumnya . wassalamualaikum

Terima kasih telah bertanya seputar gonore melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk mencegah penularan dan/atau infeksi ulang gonore, Anda harus menggunakan kondom dalam melakukan hubungan seksual. Jika menderita gonore, hindari hubungan seksual sampai pengobatan antibiotik selesai. Walaupun sudah pernah terkena gonore, seseorang dapat terkena kembali, karena tidak akan terbentuk imunitas untuk gonore.

Sarankan juga pasangan seksual kita untuk diperiksa untuk mencegah infeksi lebih jauh dan mencegah penularan (dapat juga terjadi penularan berulang). Hal ini berlaku untuk pasangan seksual dalam 2 bulan terakhir, atau pasangan seksual terakhir bila selama 2 bulan ini tidak ada aktivitas seksual.

World Health Organization (WHO) sudah memberikan rekomendasi pengobatan untuk infeksi gonore pada alat kelamin. Prinsipnya adalah untuk memilih antibiotik sesuai dengan pola resistensi bakteri di area Anda tinggal. Tetapi bila belum ada data tersebut, maka terapi yang direkomendasikan oleh WHO 2016 adalah untuk memilih dual terapi dibandingkan terapi tunggal. Berikut adalah pilihan terapi oleh WHO:

Terapi Dual (lebih dipilih dibandingkan terapi tunggal)

  • Suntik ceftriaxone 250 mg (dosis tunggal) DAN minum azithromycin 1 g (dosis tunggal)
  • Minum Cexime 400 mg (dosis tunggal) DAN minum azithromycin 1 g (dosis tunggal)

Terapi Tunggal

  • Suntik ceftriaxone 250 mg IM (dosis tunggal)
  • Minum cexime 400 mg orally (dosis tunggal)
  • Suntik spectinomycin 2 g IM (dosis tunggal)

Bila benar Anda menderita gonore berulang, maka sebaiknya konsultasikan kondisi Anda dan pasangan Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk terapi lebih lanjut.

Mengenai masturbasi saat terjadi gonore, sebaiknya Anda tidak melakukan masturbasi terlebih dahulu. Ini disebabkan pada saat infeksi, kemungkinan terjadinya nyeri akan lebih besar dan dapat menghambat penyembuhan. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai gonore. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar