Sukses

Penyakit Ginjal Dan Cuci Darah

26 Aug 2017, 18:23 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat malam dok.. dok saya di diagnosa mempunyai penyakit ginjal dari sebulan yg lalu dan saya sudah pasang hd ket di leher cuci darah 3x dalam sbln ini.. pertanyaannya dok apa dipasang hd ket saya harus cuci darah rutin? Tapi saya blm punya jadwalan untuk cuci darah rutin. 2). Dok apa penyit ginjal / cuci darah mempengaruhi menstruasi? Soalnya bln lalu sblm saya cuci darah saya menstruasi lancar dan skrg telat menstruasi seminggu dok..

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Penyakit Ginjal Dan Cuci Darah menggunakan layanan TanyaDokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Penyakit ginjal apa yang Anda maksud?

Ginjal berfungsi untuk mengeluarkan sisa produk metabolisme dan cairan berlebih dalam tubuh. Apabila tidak dikeluarkan, produk sisa metabolisme ini dapat menjadi racun bagi tubuh. Sisa produk metabolisme berasal dari makanan yang anda makan dan minuman yang anda minum. Bila Anda memiliki gagal ginjal, maka produk racun ini serta cairan berlebih akan terjebak dan tidak dapat dikeluarkan dari tubuh Anda.

Seberapa beratkah kerusakan ginjal yang Anda alami saat ini? Gagal ginjal terdiri atas gagal ginjal akut dan kronik. Pada gagal ginjal akut, yang perlu diperhatikan adalah menghilangkan penyebabnya agar ginjal kembali berfungsi dengan baik. Pada gagal ginjal kronik, berarti ginjal tidak dapat bekerja secara sempurna yang sudah berlangsung lama, dapat disebabkan karena beberapa penyakit dasar, dengan gejala-gejala tertentu.

Sebagai gambaran, gagal ginjal terbagi atas 5 derajat. Stadium 1 sampai 3 pada umumnya dapat ditangani dengan pemberian obat-obatan. Namun pada Stadium 4 dan 5, telah terjadi kerusakan lanjut pada ginjal sehingga harus dilakukan cuci darah/hemodialisa. Jika Anda terdiagnosis mengalami penyakit ginjal kronik stadium akhir, maka memang perlu dilakukan cuci darah secara terus menerus sembari dipantau kondisi serta pemeriksaan fungsi ginjal secara rutin. Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghindari cuci darah terus menerus adalah dengan melakukan transplantasi ginjal. Jika tidak ditangani secara optimal, penyakit ini dapat berujung pada berbagai komplikasi yang serius hingga mengancam nyawa.

Anda dapat berkonsultasi kembali dengan dokter yang menangani Anda tentang kondisi Anda dan ginjal Anda karena beliau yang paling mengetahui diperlukan cuci darah rutin atau tidak.

Penyebab Terlambat Haid
Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
Malnutrisi (kurang gizi)
Stres psikologis
Atlet
Kekurangan vitamin K
Penggunaan obat-obatan tertentu
Kelainan pembekuan darah
Gangguan hormon tiroid
Dan lain sebagainya
Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Penyakit Ginjal Dan Cuci Darah, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar