Sukses

Hubungan Intim Saat Hamil

26 Aug 2017, 13:52 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau nanya, saya sdg hamil muda sekitar 5-6 minggu, dan saya berhubungan badan dg suami saya, rasanya sakit, itu knp ya dok? Dan solusinya seperti apa?

Terima kasih telah bertanya seputar hubungan intim saat hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Dimanakah lokasi nyeri yang Anda rasakan? Jika kondisi kehamilan Anda sehat, sebenarnya tidak masalah untuk melakukan hubungan seksual (dengan ejakulasi di dalam) saat hamil pada usia kehamilan berapapun. Asalkan tidak ada keluhan saat kehamilan seperti flek perdarahan, cairan ketuban merembes, rahim kontraksi terus menerus, dan riwayat keguguran berulang maka hubungan seksual dalam kehamilan, termasuk di usia kehamilan 6 bulan, diperbolehkan.

Sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi memang terkadang mampu menimbulkan kontraksi rahim. Akantetapi jika kondisi kehamilan Anda sehat, kontraksi ringan yang terjadi umumnya tidak membahayakan janin. Janin sendiri sebenarnya tidak akan terpengaruh karena dilindungi oleh plasenta, dan kontraksi rahim yang timbul saat orgasme tidak cukup kuat untuk mencetuskan persalinan.

Posisi yang dianjurkan adalah posisi wanita di atas, terutama pada kehamilan di trimester ketiga, saat ukuran rahim sudah cukup besar. Berdasarkan beberapa sumber, posisi ini dianggap sebagai posisi paling nyaman bagi sang calon ibu dan juga tidak mengganggu posisi janin.

Walaupun demikian, tidak ada salahnya Anda berdisuksi langsung dengan dokter kandungan Anda saat melakukan kontrol rutin. Anjuran terkait hubungan intim ini bisa saja berbeda, tergantung pada kondisi kehamilan Anda saat ini. Perlu diperhatikan juga, apabila terdapat keputihan yang abnormal sebaiknya pasangan tidak melakukan hubungan intim. Hubungan intim saat keputihan dapat menyebabkan infeksi menyebar ke dalam kandungan sehingga berpotensi mengganggu perkembangan janin.

Apabila terjadi keluhan-keluhan seperti yang disebutkan di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai hubungan intim saat hamil. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar