Sukses

Gatal di Area Pubis dan Skrotum

26 Aug 2017, 13:44 WIB
Pria, 41 tahun.

Gatal Pada Area Pubis dan Skrotum ( Kulit Buah Zakar ) Selamat Pagi Dok. Saya Punya masalah dengan Rasa Gatal Pada Ares Pubis dan Skrotum, Rasa Gatal Itu Sangat menyiksa sekali, rasa gatak tersebut terlihat bagian kulit pada area Pubis dan Skortum Terlihat Berwarna Keputihan. Saya sudah Coba dengan Obat Gatal Oles yg saya Beli ditoko obat/apotika ( Micozanole ), tapi tetap tidak bisa hilang.. Mohon bantuannya Obat apa yg bisa menyembuhkanya Terimakasih Hendra Tm

Terima kasih telah bertanya seputar gatal di area pubis dan skrotum melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Lalu hal apa sajakah yang menjadi penyebab munculnya keluhan gatal pada penis? 

1. Gatal pada area pubis

Area pubis atau kita kenal akrab dengan istilah area tumbuhnya bulu kemaluan, kerap kali juga dikeluhkan muncul keluhan gatal. Gatal pada area tumbuhnya bulu kemaluan bisa disebabkan beberapa pencetus, diantaranya:

  • Pubic lice (kutu): kutu ini merupakan parasit yang menempel pada rambut pubis manusia. Biasanya menular melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Gejalanya adalah gatal pada area pubis dan juga bercak-bercak darah atau bercak hitam pada celana dalam yang merupakan feses dari kutu tersebut.
  • Follikulitis: biasanya bersifat lebih nyeri dibandingkan gatal
  • Molluscum contagiosum: merupakan infeksi virus yang memiliki gejala terdapat benjolan kecil putih seperti mutiara. Merupakan penyakit menular seksual dan dapat terlihat juga pada batang penis.

2. Gatal pada skrotum (kulit testis)

Skrotum atau area kulit testis, atau lebih awam dikenal dengan istilah area buah zakar, kerap juga menjadi sasaran keluhan gatal pada area alat vital pria. Berikut beberapa pencetus keluhan gatal pada area buah zakar:

  • Eksim: merupakan suatu penyakit kulit kronis yang ditandai dengan gatal, peradangan dan kemerahan pada kulit
  • Extramammary Paget’s disease: merupakan suatu keganasan kulit pada kulit skrotum yang terlihat serupa dengan eksim.

Penting diketahui, karena kondisi gatal yang muncul pada area skrotum seringkali kronis (menahun) jangan menunda untuk melakukan pemeriksaan untuk pengobatan.

3. Gatal pada selangkangan

Berikut penyebab gatal pada area selangkangan:

  • Tinea cruris: merupakan infeksi jamur yang ditandai dengan adanya ruam gatal pada selangkangan. Biasanya berkaitan dengan pakaian yang ketat dan lembab
  • Candidiasis: infeksi jamur yang dapat berupa iritasi, rasa terbakar, gatal dan nyeri pada selangkangan
  • Psoriasis: merupakan penyakit kulit kronis yang ditandai dengan adanya area kulit kemerahan yang menebal biasanya terdapat juga pada lutut, siku, punggung belakang dan kulit kepala.
  • Dermatitis seborrhoik: hampir mirip dengan psoriasis
  • Skabies: disebabkan oleh parasit sarcoptes scabiei. Biasanya gatal pada selangkangan, bokong penis, ketiak dan sela-sela jari
  • Dermatitis kontak: terjadi akiabt kontak dengan alergen. Misalnya penggunaan sabun atau bahan karet (kondom).

Jangan digaruk! Coba lakukan tips berikut untuk pencegahan:

Bersihkan area selangkan setiap hari dan keringkan. Jamur dapat tumbuh pada area yang lembab, hangat dan tidak ada udara seperti selangkangan Anda.
Ganti pakaian dalam Anda setiap hari
Gunakan handuk Anda sendiri dan hindari sharing handuk Anda dengan orang lain
Gunakan sabun yang tidak berbau atau wangi menyengat jika Anda memiliki alergi

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai gatal di area pubis dan skrotum. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar