Sukses

Pasca Demam Apakah Boleh Vaksin MR

26 Aug 2017, 12:23 WIB
Pria, 38 tahun.

Mau tny dok,,anak saya umur 5 th bsk diadakan imunisasi di sekolahannya sedangkan anak saya bru sembuh dr panas dan batuk. apakan bisa ikut imunisasi MR yg mau dilaksanakan bsk itu..sedang anak saya bru sembuhnya 1 hr. Klo tetap diimunisasi apa dampaknya. mohon sarannya Dok.

Terima kasih telah bertanya seputar pasca demam apakah boleh vaksin MR melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Vaksin MR tidak boleh diberikan hanya jika anak mengalami:

-Sedang mengalami demam tinggi atau penyakit serius lainnya (tidak sadar, mengalami kejang, dsb)
-Sedang menjalani perawatan di RS
-Memiliki riwayat reaksi alergi berat terhadap vaksin MR sebelumnya
-Mengalami penyakit yang menurunkan sistem kekebalan tubuh (HIV/AIDS), dalam terapi steroid atau obat-obat yang menekan sistem kekebalan tubuh
-Terkait dengan kejang, jika terdapat riwayat personal atau riwayat keluarga dengan kejang (orangtua atau saudara kandung), memang bisa terjadi setelah vaksinasi MR, akan tetapi risikonya sangat kecil.

Bila tidak ada keluhan seperti diatas maka vaksin MR dapat diberikan. IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) juga telah menyatakan bahwa imunisasi pada saat batuk dan pilek ringan tidak mengganggu proses imunisasi. Bahkan pada saat anak sedang dalam pengobatan antibiotik sekalipun anak tetap dapat diimunisasi. Jika kondisi yang dialami sangatlah berat seperti demam tinggi atau kondisi lain yang serius, maka imunisasi sebaiknya ditunda setelah kondisi tersebut reda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai pasca demam apakah boleh vaksin MR. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar