Sukses

Infeksi Luar Rahim dan Sulit Hamil

26 Aug 2017, 10:54 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dok saya sudah 2 th menikah dan belum dikaruniai anak. Kemaren saya konsul ke spesialis kandungan ďan dilakukan pemeriksaan. Dibagian luar rahim saya memerah. Kata dokter itu kemungkinan luka dan infeksi atau jamur sehingga sperma ditolaknya. Saya mohon solusinya dan kenapa itu dok? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya mengenai infeksi luar rahim melalui fitur Tanya Dokter.

Saat ini yang Anda alami bisa dikategorikan dengan infertilitas. Definisi infertilitas adalah penyakit sistem reproduksi yang ditetapkan dengan adanya kegagalan mencapai kehamilan setelah 12 bulan atau lebih melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Penyebab infertilitas dapat disebabkan oleh laki-laki maupun wanita. Penyebab infertilitas pada laki-laki secara garis besar dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :
* Kondisi dimana jumlah, bentuk, dan pergerakan sperma menjadi buruk (varikokel, paparan toksin dan bahan kimia, paparan radiasi)
* Kondisi dimana sperma tidak dapat dikeluarkan (ejakulasi dini, sumbatan saluran semen)

Penyebab infertilitas pada wanita dapat disebabkan oleh :
* Kelainan ovulasi (produksi sel telur)
* Kelainan rahim (kanker, endometriosis, mioma, perlekatan rahim ke organ dalam perut)
* Sumbatan saluran telur

Pemeriksaan penyebab infertilitas pada sebuah pasangan dilakukan oleh kedua pihak baik pria dan wanita. Untuk menentukan penyebab infertilitas pria dapat dilakukan dengan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan untuk menentukan penyebab infertilitas wanita dapat dilakukan antara lain dengan USG, HSG (Histerosalpingografi) untuk menentukan ada tidaknya sumbatan saluran telur, analisa hormon, dan laparoskopi (teknik melihat ke dalam perut tanpa tindakan pembedahan besar).

Kondisi yang dialami istri Anda, infeksi luar rahim sepertinya mengarah pada servisitis atau vaginitis yang disebabkan oleh jamur, seperti yang disampaikan dokter. Seperti yang dikatakan dokter Anda, peradangan pada bagian luar rahim bisa jadi menghambat proses pertemuan antara sperma dan sel telur. Pengobatan yang tepat adalah menyesuaikan dengan penyebab tersebut, bila jamur diberikan obat jamur, bila bakteri diberikan antibiotik yang sesuai. Anda sebaiknya mendiskusikan rencana pengobatan atau pemeriksaan lain yang diperlukan untuk evaluasi kemungkinan penyebab lain sulitnya terjadi hamil dengan dokter spesialis kebidanan yang memeriksa.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai infeksi luar rahim. Semoga bermanfaat

Semoga bermanfaat,

0 Komentar

Belum ada komentar