Sukses

Diare Pada Ibu Hamil

26 Aug 2017, 10:54 WIB
Wanita, 23 tahun.

Slmt sore dok .. saya deni .. sya mau tnya. Skrg usia khmilan sya 31week .. 1mnggu trakhir ini sya bab tapi kotoran sya agak cair .. pas prtma kluar gak cair .. pas kluar kdua agak cair ... sya bab cuma 2x.. tpi rsa nya mulas-mulas dok ,kntut terus, dan rasa nya kyak ada air bunyi di dlm prut sya .. apa itu bahaya bagi janin sya di dlam dok ??

Terima kasih telah bertanya mengenai diare pada ibu hamimelalui fitur Tanya Dokter.

Diare adalah peningkatan jumlah (tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Sering kali keluhan ini diesertai dengan keluhan perut melilit dan sakit. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari), persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan). Konsistensi tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Berdasarkan hal tersebut, maka yang Anda alami adalah diare akut

Penyebab diare dapat bermacam-macam, diantaranya disebabkan oleh:

  • Penyebab infeksi seperti virus (paling sering), bakteri, infeksi parasit
  • Obat-obatan (kafein, alkohol)
  • Penyakit non-infeksi saluran cerna (irritable bowel syndrome, inflammatory bowel disease)
  • Intoleransi laktosa (gula yang terdapat di dalam susu)
  • Keracunan makanan seperti mengkonsumsi makanan yang kurang bersih atau daging kurang matang, berkaitan dengan racun dari kuman, dan pemanis buatan (sorbitol dan mannitol, pemanis buatan yang terdapat di permen karet atau produk bebas gula lainnya dapat menyebabkan diare pada orang sehat)

Pada kasus diare memang sering disertai peningkatan aktivitas usus, yang menimbulkan bunyi dan kentut seperti yang Anda minum. Apakah bab Anda berdarah? Apakah ada demam? Kasus akut biasanya berkaitan dengan infeksi, atau keracunan makanan. Karena infeksi tersering adalah virus, biasanya tidak perlu pengobatan khusus karena akan sembuh dengan sendirinya. Hal yang penting adalah menjaga status cairan Anda tercukupi.

Diare pada ibu hamil akibat Infeksi di salurancerna, bisa berisiko mengakibatkan adanya kontraksi rahim, tapi tidak selalu terjadi. Bila Anda mengalaminya segeralah memeriksakan diri ke dokter. Sementara waktu hindari konsumsi susu, keju atau turunan susu sapi lainnya setidaknya selama dua minggu sampai permukaan usus kembali normal.


Demikian informasi yang dapat disampaikan diare pada ibu hamil. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar