Sukses

Proses Terjadinya Diabetes

26 Aug 2017, 09:35 WIB
Pria, 31 tahun.

dok saya mau tanya almarhum ayah saya menderita diabetes dan ginjal apakah penyakit keturunan atau bukan. beberapa hari yang lalu saya ada sedikit luka di pinggir bibir dan luka itu mengeluarkan darah. luka itu sudah saya beri obat tapi tidak kunjung kering dan tiap kali mengelupas selalu berdarah lagi kemudian saya teringat dengan sebuah artikel tentang minum rendaman ketan hitam yang mampu menurunkan kadar gula penderita diabetes dan setelah saya minum air rendaman itu luka saya mengering yang mau saya tanyakan apa itu berarti saya juga menderita diabetes seperti alm. ayah saya sebelumnya saya ucapkan terima kasih eli

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai penyakit diabetes diturunkan ke anak melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah penyakit diabetes dapat diturunkan?

Orang tua yang memiliki penyakit diabetes mellitus (DM) atau kencing manis belum tentu menurunkan penyakit DM kepada anaknya. Tetapi, seseorang yang memiliki riwayat keturunan DM memang memiliki risiko lebih besar untuk menderita DM di kemudian hari dibandingkan pasien yang tidak memiliki riwayat. Anak yang memiliki orangtua penderita diabetes memiliki risiko sebanyak 25% untuk dapat memilki diabetes juga namun risikonya tidak menyilang misalnya dari ibu ke anak laki-laki atau ayah ke anak perempuan.

Berikut beberapa faktor risiko DM:


1. Faktor risiko yang tidak dapat diubah/dimodifikasi:
Ras dan genetik
Riwayat keluarga dengan diabetes
Usia. Risiko untuk menderita gangguan toleransi glukosa (pradiabetes) meningkat seiring dengan pertambahan usia. Oleh sebab itu setiap orang yang memiliki usia ≥ 45 tahun harus dilakukan pemeriksaan DM.
Riwayat melahirkan bayi dengan berat badan lahir bayi > 4000 gram atau riwayat pernah DM gestasional (DM dalam kehamilan)
Riwayat lahir dengan berat badan rendah (< 2,5 Kg).
2. Faktor risiko yang dapat diubah/dimodifikasi:

Berat badan lebih (IMT > 23 Kg/m2)
Kurangnya aktivitas fisik
Tekanan darah tinggi/hipertensi (≥ 140/90 mmHg)
Kadar kolestrol tinggi (HDL ≤ 35 mg/dL dan atau trigliserida ≥ 250 mg/dL)

Prinsipnya, untuk mencegah terjadinya DM adalah menjaga atau menghindari faktor risiko DM. Beberapa hal yang harus dilakukan adalah menjaga pola makan dengan seimbang dan melakukan aktivitas fisik secara teratur untuk menghindari faktor risiko. Selain itu berat badan harus dijaga agar tetap ideal, tidak merokok, dan menjaga pola hidup yang seimbang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyakit diabetes diturunkan menyilang ke anak. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar