Sukses

Wasir Berdarah

25 Aug 2017, 22:41 WIB
Pria, 45 tahun.

Siang, Saya stephano. Saat ini saya sedang menderita wasir... Sudah dari hari minggu. Bengkak sudah kempes, tapi ada luka lecet disekitar anus ( dibekas bengkak tadi). Luka tsb berdarah trus. Bagaimana cara menstop berdarah ini krn selalu bergesek terus dengan kulit pantat. Sy msh memakai obat Faktu salep, Apakah bisa ditambah oles minyak tawon? Agar bisa cepet kering / stop pendarahan ini.. Thanks

Terima kasih karena Anda telah bertanya mengenai wasir melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya Kami ingin menanyakan apakah saat BAB terasa nyeri/perih? Apakah darah yang keluar saat BAB itu berwarna merah segar? Bagaimana dengan pola makan dan pola hidup Anda, apakah Anda cukup makan serat?

Dari pertanyaan Anda, kemungkinan penyakit yang Anda derita adalah Hemorroid/Wasir. Berikut Kami jelaskan mengenai penyakit tersebut.

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna berdasarkan lokasi tumbuhnya. Hemorroid yang paling sering berkaitan dengan nyeri adalah hemoroid eksterna. Hemoroid interna ditandai dengan benjolan yang keluar masuk. Hemoroid eksterna biasanya tidak perlu pengobatan khusus kecuali terjadi rasa nyeri yang mengganggu, menandakan ada masalah di pembuluh darah. Hemoroid interna bisa di atasi dengan pengobatan, dan operasi pada kasus yang berat.

 

Obat yang Anda gunakan mengandung asam lemah yang akan mengakibatkan darah menggumpal, sehingga membantu menghentikan perdarahan disertai zat anestetik untuk mengurangi rasa nyeri. Anda bisa gunakan sesuai petunjuk yang tersedia. Terkait dengan darah yang terus muncul bisa jadi kasus Anda disertai dengan adanya luka pada area tersebut. Bagaimana dengan BAB Anda? Tingkatkan konsumsi air putih dan serat supaya tinja menjadi lebih lunak sehingga memperkecil kemungkinan luka. Jagalah kebersihan area tersebut dengan cara sering membersihankan bagian yang luka. Tidak perlu pemberian berbagai minyak, terkait higienitas dari minyak itu sendiri yang malah berisiko mengakibatkan adanya infeksi kuman lain.

Anda sebaiknya berdiskusi kembali dengan dokter yang meresepkan terkait dengan tipe dari ambeiyen yang Anda miliki, atau bisa meminta pendapat kedua (second opinion) pada dokter spesialis bedah. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai wasir. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar