Sukses

Gusi Bengkak Setelah Ditambal Tapi Tidak Sakit

25 Aug 2017, 22:10 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam Dok, saya mau tanya dok. Dua minggu yang lalu saya menambal gigi saya yang berlubang. Kemudian dokter menyarankan untuk kembali melakukan kontrol apabila ada keluhan, tapi kemudian timbul bengkak pada gusinya tapi tidak terasa sakit sama sekali. Jadi saya mengabaikannya karena tidak mengganggu aktivitas saya. Tapi sampai saat ini bengkak itu tak kunjung kempes dok. Jadi saya harus bagaimana dok? Apa ada saran atau obat untuk mengempeskan gusi saya? Terimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar gusi bengkak setelah ditambal tapi tidak sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, kami menduga karies Anda sebetulnya sudah sangat dalam dan mencapai rongga pulpa yang berisi syaraf dan pembuluh darah, sebab Anda menyinggung gusi yang bengkak setelah ditambal. Apabila pembengkakan ini disertai nanah maka sudah terjadi abses pada gigi tersebut, mungkin sebelumnya sudah terjadi abses di ujung akar gigi. Bila memang betul demikian, gigi tersebut harus terlebih dulu dirawat saluran akar (perawatan syaraf). Memang perawatan tersebut membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan, dan ada kemungkinan memerlukan rontgen gigi.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kembali ke dokter gigi. Besar kemungkinan tambalan tersebut memang harus dibongkar untuk akses instrumen yang digunakan untuk perawatan saluran akar. Pembersihan saluran akar gigi dengan perawatan tersebut akan mensterilkan saluran akar dari bakteri dan jaringan gigi mati, sehingga menyembuhkan abses gigi Anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gusi bengkak setelah ditambal tapi tidak sakit, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar