Sukses

Seputar Hipertiroid

25 Aug 2017, 13:38 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saya mengalami keluhan seperti lemas, BAB jadi sering, jantung berdebar, kadang gemetar, berat badan saya tidak mau naik, rambut saya rontok parah. Saya dianjurkan tes tiroid. Setelah saya tes free t4 dan USG hasilnya normal. Apa perlu saya melakukan tes t3 dan TSH?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar hipertiroid melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Hipertiroid adalah penyakit yang terjadi karena kelebihan produksi pada kelenjar tiroid tersebut. Hal ini dapat disebabkan karena gangguan hormon perangsang dari otak atau hiperfungsi dari kelenjar tiroid. Penderita penyakit hipertiroid dapat mengalami pembesaran sekitar dua sampai tiga kali dari ukuran biasanya. Gejala hipertiroid dapat berupa mudah berkeringat, berat badan sulit naik, gemetar.

Penanganan hipertiroid adalah dengan penggunaan obat, tidak ada cara lain yang sama efektifnya untuk pengobatan penyakit ini. Pentingnya pengobatan adalah untuk mencegah komplikasi hipertiroid, seperti krisis tiroid, bahkan dalam jangka panjang hipertiroid dapat menyebabkan gagal jantung karena aktivasi jantung yang berlebihan. Pengobatan akan disesuaikan dosisnya sesuai dengan kadar hormon tiroid Anda.

Makanan yang baik untuk penderita hipertiroid adalah makanan yang mengandung sumber vitamin b12 (hati sapi), vitamin C, sayuran hijau (brokoli, bayam), yodium (kacang, yogurt, produk susu, strawberi).

Hormon tiroid memang memiliki efek pada otot jantung, sirkulasi perifer dan sistem saraf simpatis yang berpengaruh terhadap hemodinamik kardiovaskuler pada penderita hipertiroid. Perubahan yang utama terjadi pada penderita hipertiroid meliputi : peningkatan denyut jantung, kontraktilitas otot jantung, curah jantung, relaksasi diastolik dan penggunaan oksigen oleh otot jantung serta penurunan resistensi vaskuler penggunaan oksigen oleh otot jantung serte penurunan resistensi vaskuler sistemik dan tekanan diastolic.

Penderita hipertiroid sering mengalami keluhan sesak napas. Hal ini dapat dijelaskan karena pada penderita hipertiroid terdapat kenaikan curah jantung dan konsumsi oksigen pada saat maupun setelah melakukan aktivitas. Selain itu kapasitas vital pada penderita hipertiroid akan menurun disertai dengan gangguan sirkulasi dan ventilasi paru. Frekuensi nadi biasanya meningkat ( 90 – 125 kali/ menit ) dan akan bertambah cepat jika beraktivitas serta ada perubahan emosi.

Apabila Anda belum mendapat pengobatan, kami menyarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penanganan yang tepat untuk kondisi Anda saat ini.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar