Sukses

Gatal di Sela Hidung

25 Aug 2017, 13:37 WIB
Pria, 22 tahun.

Hallo Ibu/Bapak Dokter, Saya ingin bertanya, di bagian sela" samping Hidung saya gatal sekali, sesekali saya gosok"an dengan tangan saya sampai seperti ada yang mengelupas ,entah kulit/komedo saya kurang tau namanya, warnanya putih. Sehabis saya hilangkan kulit saya memarah gatal ... Awalnya saya kira jamur, tetapi sudah sy kasih obat oleh anti jamur (sperti daktarin,dll) sempat hilang sebentar, lalu muncul kembali putih" dan rasa gatalnya. Lama kelamaan gatal itu menjalar ke bagian sisi sudut bibir... Awalnya juga saya sudah saya gosok" pakai tangan, tp sampai lama kelamaan ada yang mengelupas dan saya oleskan juga obat antijamur... Kasusnya sama seperti yg dihidung tp lama kelamaan muncul kembali, padahal saya oleskannya rutin... Lalu bagian sudut ujung bibir saya yg gatal, menjadi kulit yang mengering dan pecah"... Banyak Obat oles yg saya gunakan dan banyak juga rekomendasi yg saya cari di mbah google, tak kunjung berkhasiat. Apa kah ada obat lain yg harus saya gunakan dok ? Mohon Bantuannya... Terima kasih, Yugi

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar gatal di sela hidung melalui fitur Tanya dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan cerita Anda, sepertinya gatal di sela hidung disebabkan oleh jerawat. Masalah jerawat memang masalah kesehatan yang susah-susah gampang. Ada berbagai faktor yang saling berkaitan dalam menimbulkan jerawat, sehingga penanganannya biasanya memerlukan waktu lama dan juga kedisiplinan yang tinggi.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini:

-Stres

-Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (kelenjar sebasea) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.

-Kelenjar minyak yang terlalu aktif

-Keturunan dari orangtua

-Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Pengobatannya juga memang akan menyebabkan kulit menjadi merah dan mengelupas dalam jangka waktu sementara, dalam upaya untuk mengatasi peradangan karena jerawat. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan sekitar gatal di sela hidung. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar