Sukses

Diare Berkepanjangan
25 Aug 2017, 13:37 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok, ada pertanyaan dari kawan saya. Saat sehat BB nya 80 kg-an. Awal sakit 2 bulanan BB turun drastis, hingga skrng stlh 6 bulan ada dikisaran 68-69 kg. Kemarin kembali check up karena ada diare sekitar 1 minggu , dan feses cair berwarna kuning tp ada banyak bintik kehitaman spt bji buah naga dgn ukuran lbh besar sdkit, tp besoknya normal, cuma konsistensi feses lunak mendekati cair. Dokter Spesialis Dalam yang menanganinya mengganti obatnya dg Ranitidin 150mg, Ciprofloxacin 500mg, Buscopan 10mg, Ondansetron 8mg dan Parasetamol 500mg serta mengganti jadwal kontrol ke dokter yg tadinya per 10 hari menjadi per 5 hari. Mohon jawaban nya ya dok, terima kasih.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar diare berkepanjangan melalui fitur Tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa penyebab diare kronik, seperti adanya gangguan pada usus yang bersifat imunologis, infeksi atau adanya gangguan sistem imun. Namun terlalu dini untuk menyimpulkan penyebab diare lama pada diri Anda.

Sebaiknya Anda mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam, karena diare kronis dapat membuat Anda dehidrasi dan bisa jadi merupakan kondisi karena kemungkinan defisiensi imunologis (immunocompromised). Kami sangat menyarankan Anda untuk memeriksakan kondisi kedokter agar diberikan terapi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pemeriksaan yang akan dilakukan diantaranya pemeriksaan fisik yang diikuti dengan pemeriksaan feses. Kami sarankan ANda segera memeriksakan diri Anda untuk mengetahui penyebab yang sebenarnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar diare berkepanjangan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar