Sukses

Muntah Pasca Trauma Kepala

25 Aug 2017, 13:37 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat pagi dok, saya mau tanya Kemarin siang nenek saya tepeleset jatuh kepala bagian belakangnya terbentur, sempat bengkak sama memar juga, terus malamnya muntah sekali. Habis itu jadi lemas kalau bangun jadi pusing, kira kira gimana ngatasi nya dok?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai muntah pasca trauma kepala melalui fitur Tanya Dokter.

Bagaimana keadaan nenek Anda saat ini?

Benturan pada kepala tentunya mengakibatkan gangguan koordinasi pada kepala, apalagi jika pada saat terjadi benturan terdapat pendarahan di dalam rongga kepala. Fisiologi tubuh memerlukan waktu untuk menyerap darah dan mengembalikan fungsi otak seperti sedia kala. Adanya demam dan atau muntah memberikan tanda bahwa terjadi proses inflamasi di dalam kepala yang harus dipastikan status bahaya atau tidaknya melalui pemeriksaan fisik secara langsung dan foto rontgen kepala.

Waspadalah apabila anak Anda mual, muntah, kejang, nyeri kepala hebat, kehilangan kesadaran, mengantuk berlebihan, meracau, kehilangan sensitifitas / baal / kebal pada anggota tubuh, mimisan, pendarahan dari telinga, sesak napas atau gangguan pada penglihatan setelah terjadinya trauma kepala. Hal ini dapat merupakan tanda kegawatdaruratan karena adanya peningkatan tekanan intra kranial atau di dalam kepala.

Jika Anda sudah membawa nenek Anda ke Dokter Spesialis Anak atau Rumah Sakit, kontrol ulang kembali jika keluhan masih berlangsung sampai saat ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai muntah pasca trauma kepala, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar