Sukses

Sudah Sembuh, Perlukah Antibiotik Dihabiskan?

25 Aug 2017, 13:37 WIB
Pria, 37 tahun.

Selamat pagi dokter, untuk bayi umur 8 bulan, batuk pilek nya sudah sembuh. Apakah sirup anti biotik nya harus tetap di habiskan, walapun si bayi sudah sembuh dokter? Terimakasih.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih sudah bertanya mengenai pemberikan antibiotik untuk anak melalui fitur Tanya Dokter

Kami turut senang kondisi anak Anda membaik.

Antibiotik terdiri dari sangat banyak kelompok. Setiap kelompok mempunyai kepekaan terhadap kuman tertentu. Sebagian antibiotik bisa melindungi tubuh dari sejumlah kelompok kuman. Akan tetapi pemberian antibiotik sangat disesuaikan dengan diagnosa dari pasien, dan kemungkinan kuman yang menyebabkan penyakit tersebut. Untuk satu penyakit saja, maka ada beberapa pilihan kelompok antibiotik dengan cara konsumsi, dosis, durasi konsumsi yang berbeda-beda. Ada antibiotik yang hanya dikonsumsi 3 hari, 7 hari, bahkan berbulan bulan.

Sulit bagi kami memberikan jawaban atas pertanyaan Anda. Apa nama obat yang diberikan? Dari gejala yang Anda ceritakan, bisa saja anak mengalami infeksi saluran napas yang cenderung sering disebabkan virus, dan tidak memerlukan antibiotik. Bisa jadi Anda salah mengira obat yang diberikan sebagai antibiotik.

Pada prinsipnya, dokter yang memeriksalah yang lebih mengetahui kondisi anak Anda. Kami sulit menjawab, karena tidak mengetahui gambaran yang spesifik tentang keluhan anak Anda, dan nama obat yang diberikan. Cara yang paling aman dalam konsumsi obat, adalah konsumsi sebagaimana apa yang dikatakan dokter Anda. Saran yang dapat kami berikan adalah kembali kontrol pada dokter yang memeriksa anak Anda. Suatu pengobatan yang baik adalah pengobatan yang berjalan secara berkesinambungan

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pemberian antibiotik. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar