Sukses

Warna Puting Berbeda dan Payudara Bengkak Saat Menstruasi

25 Aug 2017, 12:19 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat pagi, Dok. Saya mau tanya, kenapa ya puting payudara saya warnanya berbeda? puting kanan lebih gelap, sementara bagian kiri cerah (seperti merah muda). Apakah itu normal? Oh ya, saat ini saya memang dalam masa menjelang menstruasi, payudara saya terasa bengkak dan menyut. Tapi kenapa payudara sebelah kiri setiap kali gak sengaja ketekan sama lengan kiri, rasanya sakit banget kayak ditusuk jarum, yg kanan enggak. Jadi posisi saya waktu tidur serba salah. Terima kasih Dok

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter mengenai warna puting payudara dan payudara bengkak saat menstruasi. 

Puting susu adalah sebuah proyeksi kecil kulit sirkular tempat keluarnya ASI. Daerah puting susu merupakan batas tempat bermuaranya 15-20 saluran kelenjar susu sehingga memiliki warna yang berbeda dari sekitarnya. Selain itu, warna daerah puting susu juga dipengaruhi oleh penumpukan dua macam pigmen, yaitu eumelanin coklat (pigmen coklat), dan pheomelanin (pigmen merah). Proporsi jumlah kedua pigmen ini umumnya ditentukan secara genetik dan akan mempengaruhi warna daerah puting susu (dari kuning pucat hingga hitam). Namun terdapat kecenderungan bahwa orang yang berkulit putih akan memiliki warna puting susu yang lebih pucat, sedangkan orang berkulit hitam akan memiliki warna puting susu yang lebih gelap.

Selain faktor-faktor di atas, warna puting susu dapat pula mengalami perubahan sebagai respon terhadap perubahan hormonal karena menstruasi, kehamilan, pengobatan tertentu, dan proses penuaan. Pada beberapa orang, perubahan warna puting susu yang terjadi pada kehamilan dapat berangsur kembali ke warna aslinya beberapa saat setelah melahirkan.

Mengenai payudara bengkak dan nyeri saat menstruasi, hal tersebut adalah wajar. Menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai. Namun, bila nyeri dan bengkak dirasakan terus menerus, maka kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai warna puting payudara dan payudara bengkak saat menstruasi. Semoga bermanfaat. Salam 

0 Komentar

Belum ada komentar