Sukses

Anak Pernah Pneumonia, Bolehkah Vaksin MR?

25 Aug 2017, 12:19 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok, anak saya berumur 1,5 th, dia sudah dua kali dirawat di rumah sakit karena sesak nafas, dokter di rumah sakit tersebut mengatakan anak saya terkena pneumonia ringan. yang saya tanyakan, dengan riwayat sakit tersebut, amankah anak saya untuk vaksi MR di bulan september nanti dok?

Terima kasih telah bertanya tentang vaksin MR pada anak dengan riwayat pneumonia melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bagaimana kondisi anak Anda saat ini? Apakah ada keluhan seperti demam, batuk, sesak napas? Vaksin MR dapat diberikan pada anak yang sehat. Definisi sehat disini adalah anak yang tidak mengalami keluhan apapun dua hingga tiga minggu sebelum waktu imunisasi. Apakah pneumonia tersebut dialami dalam dua atau tiga minggu terakhir? Bila tidak, maka anak dapat melakukan vaksin MR. 

Kondisi yang tidak boleh mendapat vaksin MR diantaranya adalah wanita hamil, anak dengan riwayat alergi terhadap vaksin, anak dengan penyakit khusus yang mendapat terapi steroid atau imunosupresan lainnya. Sementara, bila anak mengalami demam, batuk, dan pilek Anda dapat menunda vaksin untuk beberapa waktu, tetapi setelah keluhan membaik Anda tetap harus membawa anak untuk vaksin. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai vaksin MR pada anak dengan riwayat pneumonia. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar