Sukses

Semut Masuk Ke Hidung Bayi

25 Aug 2017, 13:00 WIB
Wanita, 22 tahun.

anak saya baru berusia 25 hari, hidungnya kemasukan semut hitam,, gimana cara mengeluarkannya.. dan gimana ciri-cirinya kalo bayi kemasukan semut di hidungnya dok..

Terima kasih telah bertanya mengenai semut dalam hidung bayi melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Benda asing pada hidung dapat terjadi pada semua usia, namun memang sering pada anak-anak. Benda asing pada hidung dapat berupa benda mati maupun benda hidup. Contoh benda mati seperti seperti kacang, manik-manik, koin, kapur, sobekan kertas, mainan kecil, atau stiker seperti yang terjadi pada anak Anda.

Apakah Anda menyaksikan masuknya semut hitam ke dalam hidung? Bila kemasukan benda asing di hidung dalam ukuran yang cukup besar biasanya akan berkaitan dengan penumpukan sekret hidung yang mengakibatkan peradangan pada hidung, dan bau pada satu lobang hidung. Kemasukan satu semut mungkin tidak signifikan, karena ada mekanisme perlindungan tubuh dengan adanya sekret dari lapisan lendir rongga hidung. Rangsangan di rongga hidung juga bisa memicu bersin, sebagai mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing. Amati dulu dalam beberapa hari, apakah bayi Anda mengalami gejala hidung berair, ketidaknyamanan bernapas, yang hanya terjadi pada satu lubang hidung. Bila tidak ada masalah, mungkin saja sudah dikeluarkan.

Membawa bayi ke dokter atau dokter spesialis THT untuk penilaian dan evakuasi benda asing lebih baik. Rongga hidung sangat mudah berdarah, sehingga penanganan yang gegabah bisa mengakibatkan perdarahan. Bila dibawa ke dokter THT, Dokter THT akan melakukan pemeriksaan fisik pada organ hidung.

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan mengenai semut dalam hidung bayi. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar