Sukses

KB 3 Bulan dan Gumpalan Darah di Kepala

25 Aug 2017, 07:40 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya mau bertanya.. Ibu saya berusia 42 tahun, dan sudah 6 tahun menggunakan KB suntik yang per 3 bulan dengan efek tidak pernah mengalami haid selama KB.. Saat ini Ibu saya khawatir Dok, karena ada sebuah tautan pada sosial media yang bilang kalau KB tanpa haid menyebabkan darah menggumpal di kepala. Hoax saja atau benar ya Dok? Terimakasih..😊

Terimakasih telah bertanya tentang Memilih KB yang Tepat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pemilihan kontrasepsi yang terbaik ditentukan dari karakteristik setiap pengguna, tentu harus diketahui riwayat medis Anda secara lebih lengkap untuk memberikan rekomendasi yang tepat. Namun izinkan kami menjelaskan berbagai keuntungan dan kerugian dari berbagai pilihan kontrasepsi. Untuk mencegah kehamilan terdapat beberapa jenis kontrasepsi, yang lebih sesuai untuk usia produktif yang mengharapkan


Kontrasepsi jangka pendek antara lain mencakup kontrasepsi hormonal (pil atau suntik), dan barrier (penghalang)

Metode kontrasepsi barrier contohnya adalah kondom (untuk pria) dan diafragma (untuk perempuan). Metode ini, tingkat kegagalannya tinggi jika pemakaiannya tidak benar. Sedangkan pemakaian diafragma juga memiliki risiko terjadinya infeksi pada kemaluan jika pemakaiannya tidak bersih.

Pilihan metode berikutnya adalah kontrasepsi hormonal, baik berupa pil maupun suntikan. Baik pil ataupun suntikan, ada yang berisi satu hormon, dan ada yang mengandung dua jenis hormon. Perbedaannya terletak pada keberadaan estrogen. Pada pil KB umumnya pasien akan tetap haid, karena dari 28 tablet, 7 tablet sebenernya tidak memiliki kandungan hormon untuk memberikan kesempatan terjadinya haid. Hal ini berbeda dengan KB suntik baik 1 bulan maupun 3 bulan, akan mengakibatkan pelepasan hormon yang terus menerus sehingga pasien tidak mengalami haid.

Tidak ada yang salah bila seseorang menggunakan KB yang mengakibatkan tidak haid. Akan tetapi memang pemilihan KB, terkait kandungan yang ada di dalamnya, maka perlu mempertimbangkan kesehatan penerima KB. Beberapa KB tidak boleh diberikan pada seseorang dengan riwayat penyakit tertentu.

KB Suntik 3 bulan hanya mengandung progesteron, tanpa estrogen. Justru pilihan KB ini lebih aman untuk wanita dengan riwayat penyakit pembuluh darah seperti hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. 

Kontrasepsi jangka panjang juga bisa mengandung hormon (implan) dan penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim. Alat kontrasepsi dalam rahim ada yang menggunakan hormon dan juga ada tidak. Penggunaan implan dan AKDR bisa untuk menjarakkan anak selama 3-5 tahun.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Memilih KB yang Tepat. Semoga bermanfaat untuk Anda.

 

2 Komentar

  • mal***

    Apakahngaruh bahaya dok? Trus apa yg hrussaya lakuin?

  • mal***

    Dok kalau saya punya riwayat kecelakaan sekitar 7 th yg lalu ada gumpalan darah di kepala belakang sudah lama gak pernah kerasa alhamdulillah bahkan sekarang udah keras, tpi sekrang baru nyoba suntik kb 3 bulan baru jalan bulan pertama ,ngerasain sakit di bagian kepala itu trus pusing keleyen kambuh