Sukses

Ca Serviks

25 Aug 2017, 03:11 WIB
Wanita, 45 tahun.

Hallo dokter selamat siang.. Maaf dok saya mau bertanya saya sakit ca cervik stadium 3b,saya sudah menjalani radiasi selama 35x dan belum dikemoterapi. Sekarang sering keluar cairan,punggung terasa sakit dan kalau buang air kecil terasa panas dan badan saya selalu lemas. Mohon jawabannya dok,terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang Ca Serviks menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Pada stadium 3, sel kanker telah menyebar ke bagian bawah vagina dan dinding panggul. Keluhan yang Anda rasakan mungkin karena telah terjadi penyebaran sel ganas ke organ terdekat. Tapi ini hanya perkiraan saja. Untuk kepastiannya perlu pemeriksaan secara langsung oleh dokter yang memeriksa Anda.

Pengobatan kanker serviks harus mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya ukuran tumor, usia penderita, tingkat stadium kanker serviks , usia penderita dan lain-lain. Memang 70% pasien kanker serviks terdiagnosa saat pasien sudah mengalami stadium lanjut.

Penanganan kanker serviks dengan cara operasi, terapi radiasi dan kemoterapi. Namun operasi dan terapi radiasi adalah 2 modalitas utama di dalam penanganan kanker leher rahim invasif. Pada umumnya, operasi terbatas pada pasien dengan stadium I dan IIA, sementara radiasi dapat dilakukan pada semua stadium dari penyakit. Kemoterapi merupakan penanganan pada pasien dengan stadium IVB atau mereka dengan kanker yang rekuren (sering kambuh) yang tidak dapat dilakukan terapi radiasi maupun operasi. Masing-masing stadium memiliki pilihan terapi utama yang dilakukan dan dibutuhkan pemeriksaan fisik secara lengkap sebelum memutuskan terapi yang tepat untuk menangani kanker serviks stadium lanjut. 

Demikian informasi tentang Ca Serviks yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar