Sukses

Penyebab Terlambat Datang Bulan

25 Aug 2017, 03:11 WIB
Pria, 21 tahun.

Dokter saya sudah menikah dan sy telat datang haid dua bulan lebih dua minggu tp di test pack negatif sedangkan payudara keluar cairan mirip ASI apa itu normal dokter?

Terima kasih telah bertanya seputar penyebab terlambat haid melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang tanda-tanda kehamilan.

Tanda-tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, dan sebagainya.

Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil.

Prinsip pemeriksaan tes kehamilan adalah mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin (test pack) dan tes darah.

Bila Anda sudah melakukan testpack dan hasilnya negatif, hal ini belum bisa memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Silakan ulangi pemeriksaan testpack 1 minggu lagi bila haid belum tiba. Bila Anda hamil, kemungkinan besar hasil testpack ulang akan memberi hasil positif.

Anda sudah tidak haid selama lebih dari 35 hari, oleh karena itu sebaiknya anda periksakan diri anda ke dokter spesialis kandungan. Bagaimana dengan siklus haid anda sebelumnya? Apakah selalu teratur? Selain kehamilan, haid yang terlambat bisa disebabkan juga oleh infeksi, gangguan pada rahim, PCOS, dll.

Sejak kapan keluhan payudara mengelurkan cairan ini anda rasakan?apakah ada keluhan lain?

BIla anda tidak sedang hamil atau menyusui Keluar cairan dari puting susu kemungkinan disebabkan adanya peradangan pada payudara Anda. Hal ini perlu menjadi kewaspadaan tersendiri karena tidaklah normal untuk keluar cairan dari puting, terutama apabila tidak dalam kondisi hamil atau menyusui. Mungkin yang perlu digali lebih dalam adalah apakah cairan tersebut memang keluar dari dalam puting ataukah terdapat perlukaan di sekitar puting sehingga mengeluarkan darah? Lalu adakah riwayat benjolan payudara (jinak maupun kanker) di dalam keluarga Anda? Adakah keluhan lain seperti nafsu makan berkurang dan berat badan berkurang signifikan beberapa bulan terakhir?

Untuk keluhan ini kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis bedah onkologi dimana akan dilakukan evaluasi lebih lanjut, baik pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang yaitu USG Payudara untuk memastikan keluhan Anda.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar penyebab terlambat haid, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar