Sukses

Jantung Berdebar Saat Gugup

24 Aug 2017, 21:58 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat sore, saya Daru berumur 20th mahasiswa Dok, saya mempunyai masalah kesehatan yg sangat mengganggu saya dalam beraktivitas sehari hari Saya ketika gugup & cemas jantung saya selalu berdegup dengan cepat, dan ketika hal tersebut terjadi saya selalu merasa mual dan ingin muntah. Hal ini sangat mengganggu saya ketika saya melakukan presentasi atau tampil didepan kelas. Adakah solusi & adakah obat untuk penyakit saya ini? Dan kedua akhir akhir ini tenggorokan saya selalu terasa kering sehingga saya kemana mana selalu membawa air mineral. Jika saya tidak segera minum saya akan menjadi mual juga. Bagaimana solusi untuk masalah ini?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah bertanya seputar jantung berdebar melalui fitur Tanya Dokter.

Detak jantung memang sangat dipengaruhi oleh perubahan posisi. Detak jantung saat istirahat biasa diukur saat berbaring. Ketika berpindah ke posisi duduk dan berdiri, pada awalnya detak jantung akan sedikit meningkat, namun perlahan-lahan akan kembali ke detak jantung istirahat meski frekuensinya sedikit lebih tinggi dari waktu berbaring.

Ketika Anda dihadapkan pada situasi yang menimbulkan stres, kekhawatiran atau demam panggung, detak jantung Anda juga bisa meningkat karena adanya peningkatan adrenalin. Ini merupakan hal yang normal saja. Sebagian orang memang cenderung seperti itu. Tetapi Anda dapat mengelolanya dengan mengalihkan pikiran atau berusaha untuk tidak grogi atau stres dalam situasi-situasi tersebut.

Secara umum, berikut adalah penyebab jantung berdebar yang sering ditemui:

-Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres. 

-Kondisi anemia (kurang darah) dan tekanan darah rendah.

-Latihan fisik yang terlalu berat.

-Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.

-Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

-Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.

-Obat-obat pelangsing dan obat asma.

-Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.

-Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.

 

Atasi pemicunya dan jika tidak ada perubahan, kami sarankan untuk menemui dokter Anda guna pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. seputar jantung berdebar Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar