Sukses

Hamil 2 Bulan Tetapi LiLA Kurang

24 Aug 2017, 17:33 WIB
Wanita, 27 tahun.

Slmat mlm dok. Saya mw tanya ni. Sekarang saya hamil 2 bln,tp LiLA saya kurang dr 23,5cm. Bs brakibat g buat saya dan janin? Terus cara agar LiLA saya lebih baik? Trm kasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar Hamil 2 Bulan Tetapi LiLA Kurang melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk meningkatkan LiLA usahakan untuk makan dengan gizi seimbang. Rajinlah kontrol kehamilan Anda ke dokter dan mencukupi segala gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Sebagai acuan, enam bulan pertama kehamilan (trimester pertama dan trimester kedua kehamilan), kebutuhan kalori yang dibutuhkan adalah sekitar 2000 kalori. Sedangkan selama tiga bulan terakhir kehamilan (trimester ketiga kehamilan), seorang wanita hamil akan membutuhkan kalori tambahan sekitar 200 kalori per hari, menjadi sekitar 2.200 kalori per hari.

Rekomendasi nilai kalori tersebut didasarkan pada ukuran rata-rata setiap orang. Namun, untuk menentukan jumlah kalori yang sebenarnya dibutuhkan pada setiap wanita hamil ditentukan oleh faktor-faktor seperti berat badan, aktivitas, dan jenis kehamilan kembar atau tidak.

Selain pemenuhan nutrisi melalui kalori, jenis asupan juga harus diperhatikan. Demi kebutuhan gizi ibu hamil, sangat penting untuk mengonsumsi makanan di bawah ini pada trimester pertama kehamilan:

Makanan yang kaya akan asam folat. Asam folat baik untuk perkembangan sistem saraf janin. Beberapa makanan yang kaya akan asam folat antara lain telur, jeruk, asparagus, brokoli, dan kentang.
Makanan kaya akan vitamin B6 juga penting dikonsumsi selama kehamilan trimester pertama untuk mengurangi rasa mual. Beberapa makanan yang mengandung B6 yaitu pisang, nasi merah, selai kacang, salmon, kacang-kacangan, dan roti gandum.
Zat besi juga penting selama trimester pertama untuk mencegah terjadinya anemia selama kehamilan. Zat besi didapat dari sayuran berdaun hijau dan daging merah.
Hindari mengonsumsi protein jenis hati. Hati mengandung vitamin A dalam jumlah cukup tinggi. Konsumsi vitamin A selama kehamilan dapat menyebabkan kecacatan pada janin.
Hindari asap rokok, alkohol, kopi dan minuman bersoda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Hamil 2 Bulan Tetapi LiLA Kurang semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar