Sukses

Anak Usia 14 Bulan Belum Bisa Jalan

24 Aug 2017, 16:21 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat malam dokter, saya mempunyai anak laki2 umur 14 bulan dgn bb 9.2 kg. Sampai sekarang dy belum bisa jalan dan badannya itu lho kelihatan lembek. Dy minum asi dok, sufor sehari 2x dan kadang2 air putih. Apa penyebab badan anak saya kelihatan lembek dan blum bisa berjalan??? Normal kah usia segitu dgn bb 9.2 kg.. Kdang saya merasa malu sering d ejek tetangga krn si kecil lum bisa jalan sedangkan lainnya udh jln sana kemari. Thanx b4 dokter

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Anak Usia 14 Bulan Belum Bisa Jalan melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Rentang waktu normal seorang anak dapat berjalan adalah usia 11-18 bulan. Terdapat perbedaan pada usia yang dibutuhkan setiap anak untuk dapat berjalan. Hal tersebut dipengaruhi oleh stimulus yang diberikan oleh orang-orang disekitarnya yang mendorongnya untuk belajar berjalan. Berikanlah stimulasi yang sesuai agar anak anda terpicu untuk berjalan. Stimulasi yang dapat Anda lakukan saat ini yaitu:

Dudukkan anak Anda, kemudian bantu tarik ke posisi berdiri.

Letakkan mainan yang disukai beberapa sentimeter di hadapannya. Buatlah ia ingin berpegangan pada ranjang atau perabot rumah untuk mencapai mainan tersebut.

Anda juga dapat melakukan stimulasi dengan membuat permainan seperti meminta anak Anda berjalan ke pelukan Anda untuk mendapatkan dekapan atau mainan yang disukainya. Berilah ia pujian atas setiap usaha dan keberhasilannya, agar anak Anda dapat terus merasa percaya diri dan bersemangat menerima stimulasi yang Anda berikan.

Memang diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk menerapkan hal-hal di atas. Stimulasi tersebut harus dilakukan terus-menerus secara perlahan, bertahap, dan penuh kasih sayang. Tidak ada paksaan apabila anak Anda dirasa belum siap untuk berjalan. Dan komunikasikanlah dengan baik agar anak Anda dapat termotivasi untuk berjalan.

Adapun beberapa faktor yang harus diperhatikan pada saat anak akan belajar berjalan adalah:

ciptakan lingkungan yang aman untuk belajar berjalan agar terhindar dari cedera
pilihlah alas kaki yang tepat, terutama saat berjalan di luar ruangan
tumbuhkan kepercayaan diri pada anak Anda
perkuatlah otot kaki. Hal ini dapat dilakukan dengan berkonsultasi dengan dokter anak Anda. Umumnya dapat digunakan teknik pijatan yang dilakukan oleh seorang fisioterapis
perhatikanlah berat tubuh anak Anda. Berat badan yang berlebih dapat mengganggu keseimbangan dan membuat anak malas beraktivitas
janganlah merasa bosan atau lelah menatih anak Anda selama diperlukan.

Berat Badan Anak

Menghitung berat badan ideal bayi dengan menggunakan rumus dari WHO, seperti:

Untuk anak dibawah 12 bulan : BBI = (n : 2) + 4 atau (umur (bln) : 2 ) + 4
Untuk anak 1-10 thn : BBI = (2 x n) + 8 atau (2 x umur (thn)) + 8
Bila dihitung berdasarkan umurnya, memang berat badan anak anda berada pada batas kurang berat badan ideal sesuai usianya. Yang harus bunda lakukan untuk mengejar pertambahan berat badan ideal bayi Anda adalah memastikan kebutuhan energi dan nutrisinya terpenuhi. Kami anjurkan Anda tetap memantau pertumbuhan dan perkembangan Anak dan mencatat keterangan tersebut dalam Kartu Menuju Sehat (KMS) anak, agar laju pertumbuhan dan perkembangannya dapat terkontrol secara rutin.

Kami sarankan sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Anda untuk tatalaksana yang optimal.

Demikian informasi kami sampaikan seputar  Anak Usia 14 Bulan Belum Bisa Jalan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar