Sukses

Pemeriksaan Penunjang Keram Perut Kiri Bawah

24 Aug 2017, 13:03 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya perut bawah sebelah kiri saya belakangan ini sering kram, dan tahun lalu saya sudah disarankan untuk endoskopi lewat anus, namun saya takut. Adakah cara lain untuk mengetahui penyakit dalam selain endoskopi lewat anus?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar Pemeriksaan Penunjang Keram Perut Kiri Bawah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Endoskopi merupakan sebuah prosedur medis yang bersifat invasif untuk mengetahui kondisi saluran pencernaan menggunakan alat endoskop. Dalam pemeriksaan ini, sebuah selang dengan kamera pada ujungnya dimasukan kedalam saluran pencernaan. Prosedur ini tidak menggunakan tindakan pembiusan. Namun, tindakan ini tentunya memiliki risiko. Pertama karena selang yang digunakan bisa saja tidak steril dan menjadi alat masuknya bakteri sehingga menyebabkan infeksi. Atau bisa juga pada saat selang didalam saluran pencernaan tidak sengaja melukai atau merobek esophagus maupun lambung hingga mengakibatkan perlukaan atau perdarahan. Setiap tindakan endoskopi harus dilakukan oleh dokter yang berkompetensi. Agar resiko terjadinya efek samping menjadi minimal. 

Terkait dengan pemeriksaan penunjang yang disarankan oleh dokter kepada Anda, kemungkinan dokter mencurigai adanya suatu kelainan pada rongga dalam usus ANDA. Pemeriksaan lain ada USG Perut, CT Scan perut. Namun, setiap pemeriksaan penunjang akan dilakukan sesuai kebutuhan dokter yang memeriksa Anda, kerarah mana kecurigaan dokter tersebut akan keluhan Anda. Anda dapat berkonsultasi kembali dengan dokter yang menyarankan hal tersebut kepada Anda. Tentunya untuk mengetahui diagnostik suatu penyakit dibutuhkan wawancara medis (tanda dan gejala), pemeriksaan fisik, jika diperlukan pemeriksaan penunjang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Pemeriksaan Penunjang Keram Perut Kiri Bawah. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar