Sukses

Seputar KB Implan

24 Aug 2017, 10:31 WIB
Wanita, 26 tahun.

Tulis Pertanyaan...Dok mungkin g wanita yg sudah pake susuk d lengan tangan sbelah kiri ttp bsa hamil,kadang saya was was soaly tiap bln saya g pernah haid.trima kasih Dok

Terima kasih telah bertanya tentang KB Implan melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

KB Implant/susuk adalah kontrasepsi hormonal yang memiliki bentuk kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun.

Bila Kb implan dipasang dengan baik, kemungkinan hamil sangat amat kecil. Terkait dengan KB, meski tujuannya mencegah kehamilan, peluang hamil tetap ada. Sebab, metode KB memiliki angka kegagalan (tidak 100% mencegah kehamilan). Angka kegagalan ini bervariasi, misalnya untuk KB suntik 1 bulan yaitu 3%, atau 3 dari 100 wanita yang menggunakannya berpeluang hamil. Untuk pil KB, angka kegagalannya lebih besar yaitu 25 dari 100 wanita. Yang cukup kecil di bawah 1% ialah KB spiral (IUD) dan implant.

Salah satu efek samping dari penggunaan KB Implan (AKBK = Alat Kontrasepsi Bawah Kulit) memang gangguan menstruasi/haid berupa haid tidak teratur atau bahkan tidak keluarnya haid sama sekali. Hal ini terjadi karena efek hormon yang dilepaskan oleh kapsul implan dan biasanya terjadi pada 6% akseptor KB jenis ini. Biasanya efek samping ini terutama ditemukan pada 3 - 6 bulan pertama penggunaan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang KB Implan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar