Sukses

Indikasi CT Scan Pada Trauma Kepala

23 Aug 2017, 21:20 WIB
Pria, 45 tahun.

saya kecelakan jahit kepala bagian atas pada hari selasa, tanpa mual muntah, hanya pusing sampai hari rabu siang saja, kemudian hari minggunya saya pusing lagi (muncul hanya kadang2) , saya periksa ke dokter umum ternyata tensi saya 170/100, kata dokter pusingnya akibat tensi tinggi. tetapi saya sangat khawatir dengan benturan kepala saya, apakah perlu CT Scan? kenapa dokter tidak menganjurkan CT Scan?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Indikasi CT Scan Pada Trauma Kepala menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda

Komplikasi yang terjadi akibat trauma pada kepala dipengaruhi oleh berat ringannya trauma yang terjadi.

Benturan yang ringan umumnya tidak menyebabkan kerusakan pada organ didalam kepala, karena kepala terlindungi oleh tulang tengkorak yang keras, dan cairan otak yang berfungsi sebagai peredam benturan.

Sedangkan benturan yang keras pada kepala tentunya dapat mengakibatkan gangguan fungsi otak, apalagi jika pada saat terjadi benturan terdapat pendarahan didalam rongga kepala. Fisiologi tubuh memerlukan waktu untuk menyerap darah dan mengembalikan fungsi otak seperti sedia kala. Gegar otak adalah gangguan pada otak akibat benturan. Gangguan ini jika ditangani dengan baik, umumnya fungsi otak dapat kembali dengan baik. Terdapat beberapa komplikasi dari cedera kepala seperti kejang, kelemahan badan atau gangguan gerak.

Pada cedera kepala ringan (tidak ada penurunan kesadaran dan cedera tulang tengkorak) umumnya tidak perlu pemeriksaan CT scan. Namun, untuk risiko cedera sedang dan tinggi, dianjurkan untuk diperiksa dengan CT scan dan harus dilakukan atas anjuran dari dokter setelah dilakukan pemeriksaan fisik sebelumnya.

Pada semua orang yang mengalami trauma pada kepala harus dilakukan observasi setidaknya 2x24 jam apakah ada tanda-tanda sakit kepala berat, mual, muntah hebat, kejang, penurunan kesadaran atau gangguan anggota gerak. Bila ada maka harus segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Indikasi CT Scan Pada Trauma Kepala. Semoga bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar