Sukses

Pemeriksaan Pap Smear

23 Aug 2017, 23:52 WIB
Wanita, 28 tahun.

selamat sore dokter, saya mau tanya saat ini saya sedang pakai kb suntik 3 bulan, awal2nya dapat haid itu juga tidak teratur, tp lama kelamaan tidak haid lagi. nah saya ingin sekali melakukan papsmear dok, tapi kan syarar papsmear harus sesudah haid seminggu baru bisa papsmear sedangkan saya ga dapat haid dok..jadi boleh papsmear apa tidak kalau yang tidak haid? terima kasih sebelumnya dokter.

Terima kasih telah bertanya tentang pemeriksaan pap smear melalui fitur Tanya Dokter.

Pemeriksaan pap smear bertujuan untuk mendeteksi kanker serviks. Kanker serviks faktor risikonya adalah telah berhubungan seksual (terlepas dari sudah menikah atau tidak). Oleh karena itu pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan 3 tahun setelah hubungan seksual yang pertama kali atau ketika sudah berusia 21 tahun dan sudah aktif secara seksual. Setelah itu pemeriksaan rutin perlu dilakukan berdasarkan usia dan hasil pemeriksaan pertama kali. Jika hasilnya normal, pemeriksaan dapat dilakukan setiap 3 tahun sekali, namun jika terdapat masalah maka pemeriksaan mungkin dapat dilakukan lebih sering.

Jika anda sudha tidak haid akibat penggunaan kb suntik, anda diperbolehkan melakukan pap smear. Utarakan pada dokter kapan menstruasi terakhir anda. 


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pemeriksaan pap smear. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar