Sukses

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

23 Aug 2017, 23:14 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalamualaikum dok. sebelumnya saya mau menjelaskan keadaan kulit wajah saya. dulu kulit saya bersih hanya timbul satu atau dua jerawat itupun sangat jarang dan warna kulit saya agak sedikit kusam. waktu itu itu saya memiliki beberapa bekas jerawat di jidat dan pipi dan saya berniat menggunakan krim dokter klinik j*c untuk menghilangkan bekas tersebut. setelah penggunaan sebulan bekas jerawat hilang dan kulit saya cerah dari biasanya. tp pas pemakaian hampir 2 bulan mulai timbul 1 jerawat merah dan lama sekali hilangnya padahal sebelum penggunaan krim biasanya satu dua hari jerawat sy pasti hilang dgn sendirinya. namun jerawat saya justru bertambah beberapa dan saya merasa kurang cocok terhadap pemakaian krim tersebut karna kulit saya jd ekstra kering dan selalu mengelupas sedikit2 belum lagi pinggir2 hidung suka memerah dan mengelupas. akhirnya saya berniat lepas dari krim bertahap intensitas pemakaiannya jd gak sesering awal. jd 3 hari sekali 5 hari sekali dan seminggu sekali sampe akhirnya saya berhenti menggunakannya. yang saya tanyakan apakah jerawat yg timbul itu merupakan efek rebond karna lepas dr penggunaan krim? lalu bagaimana cara menghilang bekas jerawat yg menghitam yang ada di dagu dan sedikit beruntusan di kening? saya khawatir jika intensitas jerawatnya semakin banyak dok. bagaimana penanganan yg tepat untuk masalah jerawat saya ini dok?

Terima kasih telah bertanya tentang cara menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Fek hitam dan bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dll. Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat.

Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian krim hidroquinon pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.

Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu Prosedur Chemical peeling. Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. Bekas jerawat yang dalam dapat dihilangkan dengan dermabrasi.

Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisis terlebih dahulu seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi/kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin guna dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian, semoga penjelasan tentang cara menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar