Sukses

Pertanyaan Seputar ASI Eksklusif

23 Aug 2017, 20:33 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat Sore Dok, anak saya usianya 5 bulan ini mau saya ganti sufor. baiknya saya ganti mulai sekarang apa nunggu 6 bulan dok langsung ke tahap 2 ? Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya mengenai ASI eksklusif menggunakan fitur Tanya Dokter.

Selama 6 bulan pertama kehidupan, ASI eksklusif merupakan asupan yang terbaik bagi anak. ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan sampai 6 bulan. Menurut panduan WHO terbaru diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI Eksklusif 6 bulan.

Air susu ibu (ASI) dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan mudah dicerna oleh bayi baru lahir.

ASI kaya akan sari makanan, paling higienis, dengan temperatur yang tepat dan kadar gizi yang paling dibutuhkan oleh bayi. ASI memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah :

meningkatkan kecerdasan bayi
mengurangi risiko penyakit jantung
mengurangi risiko obesitas
mengurangi risiko kanker
mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan dan diare
membuat bayi lebih tenang dan tidak mudah gelisah untuk waktu yang lama, terutama dalam kondisi yang membuat stres (jurnal Archives of Disease in Childhood)
mengurangi kejadian alergi pada anak

Namun, sangat penting juga untuk terus memantau pertumbuhan anak dengan memantau berat badan dan panjang badan anak selama masa pertumbuhan. Selama berat badan dan panjang badan meningkat secara konsisten sesuai dengan kurva, dan perkembangan sesuai dengan usia, hal ini menandakan bahwa nutrisi yang didapatkan sudah baik. Kami juga menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak guna dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisis untuk menentukan status pertumbuhan dan perkembangan anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ASI eksklusif, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar