Sukses

Persamaan KB Suntik 3 Bulan Dan KB Implant

22 Aug 2017, 22:35 WIB
Wanita, 29 tahun.

Salam dok.. Sy mau tanya dok sebelumnya sy pernah suntik kb 3 bln tp g cocok mslh nya slm sy suntik selama itu jg pendarahan g berhenti.. Skg sy suntik 1 bln alhamdulilah cocok,,tp sy ingin pasang susuk tp ada yg bilang klo tdk cocok kb 3 bln berarti tdk cocok jg pasang implan.. Apakah itu bnr dok?? Trmksh dok

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang KB Implant dan KB Suntik 3 bulan melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Pada prinsipnya isi dari KB implan dan KB suntik adalah sama, yang membedakan adalah media penghantar dari hormon tersebut. KB implan memiliki karakteristik untuk mendeposit hormon progesteron dan melepaskan sedikit demi sedikit, sedangakan KB suntik hormon yang disuntikkan akan tersimpan dibawah lengan dan juga akan dilepaskan sedikit demi sedikit. Setiap individu memiliki respon masing-masing terhadap KB. Izinkan kami menyampaikan tentang KB Suntik 3 Bulan dan KB implant.

KB Suntik 3 Bulan

Kontrasepsi suntikan progestin mencegah kehamilan dengan mekanisme yang sama seperti progestin pil namun kontrasepsi ini menggunakan suntikan intramuskular (dalam otot <bokong atau lengan atas>). Yang digunakan adalah long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan.

Efektivitas
kehamilan terjadi pada 0,3/100 wanita

Keuntungan
mula kerja cepat dan sangat efektif, bekerja dalam waktu lama, tidak mengganggu menyusui, mengurangi rasa nyeri dan haid yang keluar, dapat dipakai pada hari ke 3 – 5 pasca persalinan, dan segera setelah keguguran

Kerugian
meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, suntikan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS

Efek samping
peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea ( 1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun

Pengembalian kesuburan
5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Untuk KB suntik 3 bulan sebenarnya kemungkinan hamil tetap akan ada, karena efektivitas KB hormonal tidak mencapai 100%. Tetapi terjadinya kehamilan merupakan kemungkinan kecil.

Kontrasepsi suntikan adalah cara untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan melalui suntikan hormonal. Kontrasepsi hormonal jenis KB suntikan ini di Indonesia semakin banyak dipakai karena kerjanya yang efektif, pemakaiannya yang praktis, harganya relatif murah dan aman.

KB Implant

Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestin umumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan.

Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun.

Munculnya flek seperti haid dan ketidakteraturan siklus menstruasi memang merupakan salah satu efek samping dari kontrasepsi implant. Hal ini umumnya terjadi pada bulan pertama pemakaian dan berlangsung selama 3-12 bulan. Setelah 1 tahun, sekitar 1/3 dari wanita yang menggunakan implant tidak mengalami siklus menstruasi sama sekali. Hal tersebut bukanlah sebuah kondisi berbahaya dan biasa terjadi pasca pemasangan KB implan, karena tubuh mengalami penyesuaian hormon efek dari implan tersebut.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter / bidan Anda untuk metode KB yang akan Anda pilih. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar KB Implant dan KB Suntik 3 bulan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar