Sukses

Berbagai Penyebab Nyeri di Buah Zakar

23 Aug 2017, 11:23 WIB
Pria, 22 tahun.

Slmt malam dok, saya mau tanya tentang penyakit saya beberapa bulan lalu saya pernah mengalami nyeri pada buah jakar sebelah kanan dan menjalar kejakar yg kiri selama 4 hari berturut2 dok tapi cuma 4 hari itu aja,setelah saya pergi ke tukang urut, trus sakit nya hilang dok, apakah sakit yg saya alami itu hernia dok?? Mohon keterangan nya???

Terimakasih telah bertanya seputar nyeri buah zakar melalui fitur Tanya Dokter.

Nyeri pada buah zakar bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya riwayat trauma, infeksi, operasi, torsio testis (perputaran saluran sperma), hernia, dan varikokel. 

Trauma/cedera pada testis biasanya menimbulkan nyeri sesaat, namun tergantung pada tipe dan beratnya trauma.

Torsio testis biasanya menimbulkan nyeri hebat yang mendadak disertai kemerahan dan bengkak pada skrotum. Torsio testis merupakan kondisi emergensi dan biasanya membutuhkan intervensi bedah. 

Pada hernia terdapat benjolan sehingga buah zakar nampak besar sebelah. 

Satu lagi yang cukup sering yaitu varikokel atau pembesaran vena di bawah kantong kulit yang membungkus testis (disebut juga skrotum). Varikokel seperti varises yang terjadi di tungkai bawah. Varikokel dapat menyebabkan produksi sperma dan kualitasnya berkurang. Namun, tidak semua tipe varikokel mengganggu produksi sperma. Varikokel juga dapat menyebabkan testis tidak berkembang dengan normal atau malah mengecil. Selengkapnya: Varikokel dan Penanganannya.

Karena begitu banyak penyebabnya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Baca juga: Benjolan Testis yang Nyeri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar nyeri buah zakar. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar