Sukses

Vaksin Serviks / HPV Menyebabkan Menopause Dini

23 Aug 2017, 01:17 WIB
Wanita, 25 tahun.

Apakah vaksin serviks ada efeknya? Apakah vaksin serviks bisa menyebabkan menopouse dini? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar vaksin serviks / HPV menyebabkan menopause dini melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Belakangan beredar rumor yang mengatakan bahwa vaksinasi HPV untuk mencegah kanker serviks menyebabkan menopause dini. Niat tulus pemerintah memberikan vaksin HPV yang mahal secara cuma-cuma kini terganggu oleh isu tak sedap. Rumor menyebutkan bahwa vaksin HPV dapat menyebabkan menopause dini pada remaja perempuan.

Isu tersebut berasal dari jurnal yang ditulis oleh dr. Deirdre Little, seorang dokter anak dari Australia. Jurnal tersebut menyatakan bahwa terdapat kemungkinan bahwa vaksin HPV menyebabkan menopause dini pada remaja perempuan.

Menopause dini atau disebut juga premature ovarian failure/insufficiency adalah istilah di mana indung telur (ovarium) seorang wanita berhenti bekerja sebelum berusia 40 tahun. Ini membuat wanita menopause sebelum waktunya.

Meskipun ada pihak yang mendukung pernyataan dr. Little, tidak sedikit pula yang membantahnya. Seperti Global Advisory Committee on Vaccine Safety WHO dan CDC yang menyatakan bahwa tidak terdapat isu keamanan terkait vaksinasi HPV.

Oleh karena itu, hingga kini vaksin HPV masih menjadi bagian dari program imunisasi nasional di Amerika. Bagaimana dengan di dalam negeri?

Dari Kemenkes, dr. Piprim B. Yanuarso, SpA, serta ahli vaksin dr. Dirga S. Rambe menyatakan bahwa rumor tersebut tidak benar. Para pakar yang tidak setuju tersebut menyatakan bahwa sejak vaksin HPV diluncurkan, lebih dari 200 juta wanita yang telah divaksinasi.

Dari jumlah tersebut, hanya ditemukan 10 kasus menopause dini. Jika memang benar vaksin HPV menyebabkan menopause dini, seharusnya jumlah kasus yang ditemukan jauh lebih banyak daripada 10.

Namun ada yang menarik pada bagian akhir jurnal dr. Little. Ia mengakui bahwa belum dapat menarik kesimpulan yang pasti dari temuan tersebut.

Jadi, bisa dibilang vaksinasi HPV tidak menyebabkan menopause dini. Sebagai orangtua, tidak perlu khawatir jika putri Anda mendapat vaksin jenis ini di sekolahnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai vaksin serviks / HPV menyebabkan menopause dini. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar