Sukses

Lupa Jadwal Imunisasi Anak

22 Aug 2017, 21:15 WIB
Wanita, 35 tahun.

Sy dg ibu indah di Kalsel,,sy mau tau dok,,jika sy lupa apakah anak pernah di vaksin MR apa blm krn dl prnh ada pemberian vaksin di sekolah tp sy lupa vaksin apa,,apakah boleh anak sy diimunisasi lagi?usia anak sy 6,5 tahun,,10 tahun sdngkan bayi sy 3 bulan. Mhn informasinya,,dan utk anak yg sering pilek krn disini perubahan cuaca sngt ekstrim obat apa yg bagus utk anak2 sy mengingat bayi sy jg kena pilek ini terima kasih dok atas jawabannya

Terima kasih sudah bertanya tentang Lupa Jadwal Imunisasi Anak menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Jika memang Anda sama sekali tidak mempunyai catatan imunisasi tersebut, maka boleh saja imuniasi anak diulang, bahkan dari awal (jika Anda tidak yakin imunisasi apa saja yang telah diberikan pada saat anak lahir).

Pada umumnya hal ini tidak berbahaya, jika kekebalan tubuh anak baik dan syarat untuk imunisasi terpenuhi. Hanya saja akan mubazir atau sia-sia bila diimunisasi berulang. Dan walaupun di berikan imuniasi 2 kali dalam waktu dekat, titer antibody yang terbentuk tidak meningkat bermakna, artau tidak akan membuat anak lebih kebal.

Untuk itu, sebagai pencegahannya:

  • Untuk menghindari kesalahan terulang lagi, perlu adanya pencatatan dibuku tumbuh kembang atau buku imunisasi.
  • Orangtua selalu menanyakan jenis imuniasi yang akan diberikan
  • Mintalah Dokter untuk selalu mengkonfirmasi kepada Anda tentang pemberian imunisasi yang akan diberikan
  • Diharapkan orang tua ikut mencatat imunisasi apa saja yang sudah diberikan dan turut mengingatkan ke dokter atau petugas kesehatan sebelum imunisasi diberikan.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Lupa Jadwal Imunisasi Anak , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar