Sukses

Dapatkah Hamil Setelah Tubektomi?

22 Aug 2017, 18:07 WIB
Wanita, 31 tahun.

Siang dokter mau tanya saya sudah terlambat datang haid 7 hari tapi saya sudah menjalankan ikatan rahim ! apakah ada kemungkinan saya hamil? Terimah kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Dapatkah Hamil Setelah Tubektomi? melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah yang Anda maksud adalah tubektomi atau pengikatan saluran telur? Tubektomi merupakan salah satu metode kontrasepsi mantap yang dilakukan pada wanita. Kontrasepsi mantap merupakan kontrasepsi yang ditujukan untuk mencegah kehamilan dalam waktu yang lama. Metode ini biasanya dipilih jika seorang wanita telah memiliki cukup anak (minimal 2 atau 3 anak) dan usianya telah di atas 35 tahun, di mana usia tersebut tergolong berisiko apabila hamil.

Tubektomi merupakan prosedur untuk mencegah pertemuan antara sel telur dengan sel sperma dengan cara menghambat saluran penghubung tersebut (tuba fallopii). Cara menghambat tuba fallopii bisa dengan pengikatan (ligasi) atau pemotongan (reseksi). Sudah berapa lama Anda melakukan prosedur ini? Jika sudah dilakukan tubektomi, sangat kecil sekali risiko untuk hamil dan hampir tidak mungkin. Sudahkah Anda melakukan pemeriksaan dengan test pack?

Ada baiknya Anda memeriksakan diri lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Dapatkah Hamil Setelah Tubektomi?. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar