Sukses

Jamur Kuku

22 Aug 2017, 18:06 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dokter untuk mengatasi kuku kaki yang menebal dan jamur kuku bagaimana?? Apa harus di cabut kuku nya? Atau di beri salep anti jamur?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Jamur Kuku melalui fitur Tanya Dokter.

Kondisi kulit sekitar kaki yang selalu mengelupas dapat disebabkan oleh infeksi jamur. Dalam dunia medis adalah yang disebut sebagai tinea unguium atau onikomikosis, kondisi terinfeksinya kuku oleh karena jamur. Penyakit ini dapat dimulai dari dasar kuku yang kemudian secara perlahan mengangkat kuku, sehingga kuku tumbuh tidak sempurna dan dapat menusuk kulit di samping kuku serta menyebabkan luka. Keadaan akan memburuk apabila jamur dan atau bakteri masuk melalui kuku yang sudah rusak, menimbukan infeksi lebih luas dan memicu timbulnya sensasi nyeri dan radang di jaringan kuku, serta menjadikan kuku bergelombang tidak rata, dan warna kuku menjadi kuning kehijauan hingga kehitaman.

Perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung beserta dengan penunjang yang berkaitan untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada Anda. Apabila benar kondisi kuku Anda disebabkan oleh infeksi jamur, tata laksana yang diberikan dapat berlangsung selama 3-4 bulan dan Dokter pun tidak akan memberikan terapi topikal, melainkan oral, karena terapi topikal tidak akan dapat menembus jaringan kuku yang tebal sehingga bekerja kurang efektif. Apabila melalui pemeriksaan Dokter telah ditemukan kerusakan dan atau infeksi yang luas, maka Dokter biasanya akan mempertimbangkan tindakan untuk mengangkat kuku tersebut.

Berdasarkan gambaran kondisi di atas, kami sarankan Anda untuk konsultasi dengan Dokter untuk diperiksa secara langsung sehigga mendapatkan tata laksana optimal dari kondisi yang ada.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Jamur Kuku. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar