Sukses

Solusi Kutil Kelamin

22 Aug 2017, 18:02 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok . Saya mau tanya d area miss V saya hanya d bagian selangkangan kanan dan kiri terdapat benjolan kecil2 seperti kutil . Saya blum periksa .dan saya mmang baru mngalami ini pertama kalinya dan saya baru sadari bulan agustus ini . Tumbuh nya kira2 juli lalu . Tindakan yg tepat seperti apa ya dok . Karena apakah bisa berbahaya jika di biarkan trlalu lama .. bila di beri obat tetes rutin apa masi perlu di periksa dok . Kira2 untuk konsultasi dan tindakan sbaiknya di rumah sakit surabaya mana ya dok yg murah dan terjangkau . Trimakasi .

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Solusi Kutil Kelamin melalui fitur Tanya Dokter.

Kutil kelamin disebut juga kondiloma akuminata. Penyakit ini merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, sebagian lain terus tumbuh dan membesar. Kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam.

Kutil kelamin dapat diobati dengan beberapa cara, yaitu:

Mengoleskan podofilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas atau dengan asam trikloroasetat
Melalui bedah cryosurgery, laser, atau operasi kecil untuk mengangkat kutil yang berukuran lebih besar
Dengan penanganan yang tepat kutil kelamin dapat sembuh, meskipun sering kambuh. Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, kutil kelamin merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Anda perlu memperhatikan agar melakukan hubungan seksual yang aman, tidak berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual dalam hubungan pernikahan agar kutil tidak berulang atau terkena infeksi menular seksual lainnya.

Untuk memastikan penyebab dari kondisi Anda, perlu pemeriksaan langsung. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Kelainan kulit dan kelamin yang tidak dilihat secara langsung dapat misdiagnosis sehingga penanganannya tidak tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Solusi Kutil Kelamin. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar