Sukses

Larutan Kayu Manis Untuk Kadar Gula Darah

22 Aug 2017, 13:44 WIB
Pria, 49 tahun.

Apa betul larutan kayu manis dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh ? Terima aksih

Terima kasih sudah bertanya mengenai larutan kayu manis untuk kadar gula darah melalui fitur Tanya Dokter

Kadar gula dalam darah bisa dipengaruhi banyak hal. Peningkatan kebutuhan gula, seperti saat sedang sakit, beraktivitas, akan merangsang tubuh untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Makan tentu saja bisa meningkatkan kadar gula. Dalam tubuh terdapat hormon insulin, yang berperan menjaga regulasi gula darah supaya dalam rentang normal, baik saat puasa ataupun setelah makan. Kerusakan mekanisme kerja insulin, misalnya reseptor insulin yang tidak sensitif, mengakibatkan gula dalam darah tidak terkontrol. Masalah pada insulin mengakibatkan gula sulit masuk ke dalam sel tubuh yang butuh makan, sementara sel terus mengirimkan sinyal bahwa membutuhkan makanan. Hal tersebut lah yang melatar belakangi terjadinya diabetes melitus. 

Mencegah terjadinya diabetes melitus, dilakukan dengan menjaga kadar gula darah dalam rentang yang normal. Kondisi tersebut dicapai dengan mengatur makanan, disertai dengan aktivitas fisik yang cukup supaya terjadi keseimbangan antara masukan dan keluarnya energi dalam kehidupan sehari hari. Olahraga akan membuat penggunaan gula untuk aktivitas tubuh menjadi lebih baik.

Pada pasien diabetes melitus, berbagai obat di teliti untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam rentang normal. Termasuk memberikan insulin. Obat-obatan ini sudah melalui segala macam uji klinis, dan dipastikan keamanannya. Pada dasarnya bisa saja berbagai produk herbal seperti larutan kayu manis bisa saja menurunkan kadar gulu darah, sehingga menjadi potensi menjadi terapi baru dalam pengobatan diabetes. Akan tetapi dibutuhkan sejumlah uji untuk memastikan kebeneran efek dari herbal itu sendiri. Disamping itu, penggunaan herbal, sulit dilakukan penyesuaian dosis karena tidak diketahui kandungan zat yang dibutuhkan, serta zat yang tidak dibutuhkan dalam herbal itu sendiri.

Bila Anda ingin mencegah DM, maka kami sarankan Anda untuk mengatur makan dan aktivitas fisik terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi tambahan apapun. Bila mengkonsumsi DM, maka pengobatan yang termonitor lebih kami sarankan. Anda bisa berdiskusi dengan dokter Anda perihal keinginan Anda.

Demikian informasi mengenai larutan kayu manis untuk kadar gula darah. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar