Sukses

Mengapa Tanggal Menstruasi Maju?

22 Aug 2017, 13:43 WIB
Wanita, 28 tahun.

Pagi Dok...Dok saya mau bertanya ini...saya kan bulan lalu halangannya tanggal 27 tapi kok bulan ini masih tanggal 20 udah datang bulan lagi dok..klo dihitung2 masih 23 hari dok...sekalian dok bertanya biasanya saya halangan tanggalnya mundur 1 Minggu dari bulan sebelumnya,ini selalu maju sebelum tanggalnya sudah datang,cthnya bulan lalu tgl 29,bulan berikutnya tanggal 27 pdhal biasanya bulan lalu tgl 29 bulan berikutnya tgl 6..tlg ya dok,karena saya sudah sedikit takut

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya tentang Tanggal Menstruasi Selalu Maju melalui fitur Tanya Dokter

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Siklus dihitung sejak hari pertama menstruasi hingga menstruasi berikutnya. Misalnya menstruasi bulan desember Anda adalah tanggal 27 sedangkan januari tanggal 23 dan februari tanggal 16. artinya siklus Anda adalah 28 hari dan 25 hari. Artinya siklus ini masih dalam batas normal namun tidak teratur.

Kadang haid seorang wanita dapat muncul tidak teratur, lebih cepat atau lebih lambat daripada biasanya. Umumnya hal ini terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Apakah ketidakteraturan ini sudah lama berlangsung? Apakah ada keluhan berupa keluar flek darah diluar menstruasi? Apakah Anda memiliki riwayat berhubungan seksual? Apakah jumlah darah haid yang sedang muncul saat ini sama banyak dengan jumlah haid biasa atau hanya berbentuk flek? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut ditambah pemeriksaan fisik dibutuhkan untuk menentukan penyebab dari ketidakteraturan menstruasi Anda.

Disamping itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada :

-Stress dan depresi: penyebab ini umumnya menyerang wanita muda
-Gangguan indung telur, misal : Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS)
-Sakit kronik
-Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
-Penurunan berat badan berlebihan
-Olahraga berlebihan, misal atlit
-Adanya tumor yang melepaskan hormon
-Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
-Penggunaan obat-obatan tertentu, dsb
-Pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk memastikan penyebabnya, maka pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan harus dilakukan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Tanggal Menstruasi Selalu Maju. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar