Sukses

Nodul dan Retikulonodular pada Rontgen Dada

22 Aug 2017, 07:38 WIB
Wanita, 19 tahun.

selamat malam dokter, saya mau tanya, Kesan tampak nodul dan reticulo noduler dan kalsifikasi di infrahiler kanan. artinya apa dok ?

Terima kasih sudah bertanya mengenai pemeriksaan rontgen thorax melalui fitur Tanya Dokter

Rontgen thorax merupakan salah satu pemeriksaan penunjang radiologi untuk menilai paru-paru, jantung, tulang dada, dan jaringan lunak di rongga dada.

Cor artinya jantung. Sedangkan CTR merupakan singkatan dari Cardio Thorax Ratio yaitu perbandingan besar jantung dengan besarnya rongga dada. Semakin besar nilai CTR maka semakin besar ukuran jantung. Jika nilai CTR lebih dari 50% artinya jantung mengalami pembesaran atau kardiomegali.

Pulmo merujuk kepada kondisi paru paru. Infiltrat merupakan gambaran yang menunjukkan adanya peningkatan cairan pada area yang tidak semstinya. Infiltrat bisa meningkat karena adanya proses infeksi atau berkaitan dengan kondisi overload cairan misalnya pada penyakit gagal jantung. Sinus costrofrenicus adalah sudut yang dibentuk oleh paru paru dan diafragma. Semestinya rongga pleura, tempat terbentuknya sudut tersebut, tidak berisi cairan, sehingga sudut menjadi tajam. Bila rongga pleura diisi oleh cairan akan mengakibatkan tampilan sinus menjadi lebih tumpul.

Nodul, retikulonodular, dan kalsifikasi termasuk tanda adanya opasifikasi di dalam paru. Hal ini terjadi karena penurunan rasio antara gas dan jaringan paru, misalnya karena ada peradangan yang mengakibatkan penebalan beberapa bagian paru. Nodular berbentuk bulan bulat, sementara reticulonodular adalah gabungan antara retikular dan nodular. Retikular berarti seperti garis -garis. Kondisi ini bisa saja ditemukan pada rontgen normal

Kami mengingatkan bahwa pemeriksaan radiologi adalah sebuah pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang diperlukan untuk menunjang, mengkonfirmasi, menyingkirkan kemungkinan alternatif dari kemungkinan diagnosis yang didapatkan melalui wawancara dan pemeriksaan fisik. Mendasarkan keputusan hanya berdasar radiologi tanpa pertimbangan gejala yang Anda alami bukanlah praktek kedokteran yang benar. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk berdiskusi dengan dokter yang menyarankan Anda pemeriksaan tersebut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai rontgen thorak. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar