Sukses

Batuk Lama Dengan Berdahak Warna Merah

22 Aug 2017, 01:57 WIB
Wanita, 21 tahun.

dokter, ibu saya batuk selama tiga bulan ini.. tiga bulan awal dahak beliau berwarna merah muda tiga bulan akhir, warnanya makin memerah.. saya takut ibu saya tbc.. katanya, awal gejala.. dadanya linu.. untuk periksa kami belum ada dana, tolong bantuannya dokter

Terima kasih telah bertanya seputar batuk berdahak warna merah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah terdapat gejala lain seperti sesak, demam, berat badan dan nafsu makan menurun, sering berkeringat malam saat tidur? Apakah batuk Ibu terus menerus atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah Ibu ada riwayat asma/alergi/ maag? 

Jika batuk disertai darah (atau cairan berwarna merah yang kemungkinan darah) disebut sebagai hempoptisis. Ada banyak penyebab hemoptisis (masalah jantung, trauma, infeksi, penyakit paru-paru, dll). Di seluruh dunia, TBC adalah penyebab paling umum dari hemoptisis. Penyebab lain yang juga sering ditemukan adalah bronkitis, bronkiektasis, dan kanker paru-paru.

Jika jumlah darah sedikit dianggap hemoptisis ringan. Sekitar 70% dari hemoptisis ringan memiliki penyebab jinak dan dapat menghilang dengan sendirinya tanpa efek serius atau permanen. Hemoptisis juga dapat disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil yang disebabkan oleh batuk terlalu keras dan/atau infeksi bronkitis .

Pada orang dengan riwayat merokok, hemoptisis bisa menjadi tanda dari penyakit serius, termasuk kanker. Sebagian besar penyebab umum hemoptisis pada perokok adalah bronkitis, kanker paru-paru, dan pneumonia. Kanker paru-paru harus dicuriga pada perokok dengan usia ≥ 40 tahun. Bronkitis juga dapat memiliki gejala batuk berdahak disertai darah terutama pada pagi hari. Bronkitis kronis adalah salah satu bentuk penyakit paru obstruktif kronik ( PPOK ).

Pertama-tama yang harus Anda lakukan jika ibu Anda merokok adalah berhenti merokok. Lalu sesegera mungkin konsultasikan kondisi Anda ke dokter.

Bila ada masalah kendala, maka Anda dapat memanfaatkan asuransi negara yaitu BPJS untuk membiayai pengobatan ibu. Untuk lebih lengkap masalah pengurusan BPJS, Anda dapat menanyakan ke kantor BPJS terdekat atau puskesmas terdekat.

Saat bertemu dengan dokter, kemungkinan dokter akan melakukan evaluasi medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Pememeriksaan penunjang yang kemungkinan dibutuhkan adalah foto roentgen dada, CT-Scan, atau pun bronkoskopi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai batuk berdahak warna merah. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar