Sukses

Seluk Beluk Transfusi Darah

21 Aug 2017, 21:03 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat pagi dok... saya mau minta penjelasan mengenai golongan darah parabombay dok... saya pernah baca kalo kita punya golongan darah itu kita harus simpen darahnya di PMI untuk keperluan sewaktu2 tp saya pernah baca ketahanan darahnya itu cuma sampai 25 hari..apakah ini benar?mohon pencerahannya dok...

Terimakasih telah bertanya tentang transfusi darah menggunakan layanan tanya dokter.

Di dunia medis, transfusi darah diperlukan dalam keadaan kurangnya darah merah atau Hb. Saat ini, tidak ada sistem untuk menyimpan darah Anda untuk keperluan Anda pribadi. Namun jika Anda ingin melakukan transfusi darah, maka Anda dapat mengunjungi PMI terdekat.

Anemia adalah suatu keadaan dimana terjadi keadaan kurangnya darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Komponen darah ini tidak memiliki kadar hemoglobin yang cukup. Bila Anda merasa lelah bahkan setelah tidur yang cukup dan merasa kekurangan tenaga setelah aktivitas normal maka kemungkinan besar Anda menderita anemia. Anemia pun dapat menjadi dasar dari gangguan ingatan atau gangguan perasaan Anda. Beberapa gejala anemia lainnya adalah kelemahan, pusing, kulit yang pucat dan nyeri kepala. Beberapa penyebab dari anemia adalah:

Rendahnya konsumsi besi
Diet makanan yang rendah besi dapat menimbulkan anemia. Besi yang didapatkan dari sayuran tidak diserap sebaik kandungan besi yang ada dalam daging. Beberapa penyakit seperti celiac dan crohn’sdapat mempengaruhi penyerapan zat besi.

Kekurangan vitamin
Tubuh memerlukan vitamin B12 dan asam folat untuk membuat sel darah merah. Diet makanan yang rendah akan kandungan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Beberapa penyakit autoimmune juga dapat menyebabkan kelainan dalam penyerapan vitamin ini. Beberapa kandungan makanan seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, roti, dan pasta mengandung asam folat.

Penyakit Kronis
Beberapa penyakit kronis dan infeksi dapat menyebabkan tubuh memproduksi sel darah merah lebih sedikit. Keadaan ini dapat menurunkan kadar hemoglobin. Bila Anda kehilangan darah yang banyak juga dapat menyebabkan anemia.

Keadaan Aplastik Anemia
Aplastik anemia merupakan suatu kondisi dimana terjadi kelainan sshingga sum-sum tulang tidak memproduksi sel darah yang cukup. Penyebabnya dapat berbagai macam seperti radiasi dalam dosis tinggi, beberapa bahan kimia, virus, dan penyakit auto-immune dimana menyebabkan tubuh menyerang tubuh sendiri, serta beberapa kasus dapat diturunkan.

Kehilangan darah
Kehilangan darah merupakan salah satu peyebab dari anemia. Menstruasi dalam jumlah yang banyak, ulkus, kecelakaan atau pembedahan dapat menyebabkan hilangnya darah.

Beberapa penyakit
Beberapa penyakit yang diturunkan seperti talsemia dan hemolytic anemia dapat menyebabkan gangguan dalam produksi sel darah merah. Penyakit seperti Sickle Cell Anenia dimana terjadi produksi sel darah merah yang bentuknya abnormal juga dapat menyebabkan anemia.

Untuk mengobati anemia memang sebaiknya diketahui dulu penyebab dari anemia. Ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi di rumah untuk menangani anemia seperti suplemen zat besi, dimana suplemen ini sangat baik bila dikonsumsi dengan jus jeruk dan makanan yang mengandung vitamin c.

Namun disarankan suplemen ini jangan sampai dikonsumsi dengan kalsium, kopi, atau teh karena dapat menghalangi absorbsi. Beberapa makanan yang mengandung besi adalah daging merah, hati, ikan, tahu, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buah. Makanan yang tinggi akan vitamin B12 dan asam folat adalah telur, produk susu, bayam dan pisang.

Sayang sekali Anda tidak menyebutkan berapakah kadar hemoglobin Anda. Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter? Jika ya, apakah penyebabnya menurut dokter? Untuk itu kami menyarankan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi dan pengetahuan Anda :

4 Tips Diet Mencegah Anemia
Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah
Teh dan Kopi Hambat Penyerapan Zat Besi
Waspada Anemia Mengancam Semua Usia


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar