Sukses

KB 3 Bulan, Berdarah Terus. Normalkah?

21 Aug 2017, 20:24 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya awalnya saya pake KB suntik yg 3bulan trnyata saya gak cocok karna slama 3 bulan itu selalu menstr dok dh bln k 3 trahir saya menstr slma 1 bulan stlah itu saya, k bidan saya bilang ap yg terjadi k saya ternyata saya d kasih obat primolut dan apa itu 1 saya lupa setelah saya minum itu bener sih dok menstr saya stop sampek" d bulan depannya saya nggak menstr lagi saya kira saya sudah hamil, saya pun sampek ngecek lewat tespack beberapa kali dok dan saya juga k dokter, tapi nggak hamil dok hasilnya negative tapi nggak menstr dok. Kira" menurut dokter masalah ini kenapa? Saya mohon jawabannya dok. Terima kasih dan selamat malam

Terima kasih sudah bertanya mengenai perdarahan karena KB melalui fitur Tanya Dokter

Suntikan keluarga berencana (KB) 3 bulan, mengandung satu jenis hormon, yang disebut progesteron, yang berperan dalam pematangan lapisan terluar dari dinding dalam rahim, yang kelak akan luruh menjadi haid. Beberapa KB lain seperti KB suntik tiap bulan, dan pil KB mengandung dua jenis hormon, yaitu estrogen dan progesteron. Perlu diketahui penggunaan KB yang hanya mengandung progesteron, memang memiliki efek samping munculnya perdarahan yang tidak teratur. Akan tetapi kondisi tersebut tidak akan mempengaruhi keefektifan dari KB itu sendiri. 

Penyebab perdarahan tidak teratur, sangat banyak. Kelainan pada rahim itu sendiri, konsumsi obat pengencer darah, obat lain yang mempengaruhi aktivitas rahim, infeksi di organ reproduksi, kelainan pada indung telur, bisa saja mempengaruhi kondisi rahim sehingga terjadi haid yang tidak teratur. Oleh karena itu, sebelum memastikan bahwa penyebab keluhan Anda adalah KB maka perlu disingkirkan kemungkinan masalah yang lebih serius, seperti yang disebutkan di atas. Penapisan kehamilan betul perlu dilakukan karena kehamilan juga bisa saja memberikan gejala yang sama. Beberapa pemeriksaan bisa dilakukan dokter atau bidan untuk memastikan bahwa perdarahan betul dari KB.

KB yang diberikan untuk menstabilkan darah haid adalah KB yang berisi dua jenis hormon. KB ini sering membuat pasien menjadi tidak haid, tergantung jenis pil yang digunakan. Apakah pil 28 hari atau pil 21 hari. Kedua jenis pil tersebut sangat berbeda. Betul memang pil ini bisa digunakan sebagai salah satu terapi perdarahan dengan KB. 

Saran kami Anda sebaiknya memeriksakan diri terlebih dahulu pada dokter spesialis kebidanan untuk memastikan tidak ada sumber berdarahan lain kecuali KB yang Anda gunakan. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan pilihan, jenis KB yang akan Anda gunakan untuk seterusnya. 

Demikian jawaban kami mengenai perdarahan karena KB. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar