Sukses

Cara Menghilangkan Karang Gigi Pada Gigi Bayi

21 Aug 2017, 17:39 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saya mau tanya. Sya memiliki baby umur 1,5 tahun. Tetapi dia tidak mau sikat 9i9i hin99a 9i9inya berkaran9 dan men9uni9. Ba9aimana cara nya a9ar dia mau sikat 9i9i dan ba9aimana caranya men9hilan9kan karan9 tersebut.? Terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang cara menghilangkan karang gigi pada gigi bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab langsung pertanyaan Anda, kami akan menjelaskan sedikit mengenai karang gigi dan tindakan membersihkan karang gigi atau scaling. Permukaan gigi kita, baik gigi tetap maupun gigi susu tidak akan pernah betul-betul bersih. Segera setelah kita sikat gigi pun, lapisan tipis (disebut biofilm) akan segera terbentuk, yang mengandung banyak sekali mikroorganisme baik maupun jahat, dan akan bergabung dengan sisa makanan yang kemudian disebut plak gigi. Plak gigi masih dapat dibersihkan dengan menyikat gigi. 

Plak akan "matang" setelah 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali dan mengandung material organik seperti lemak, protein dan enzim serta material anorganik yaitu mineral terutama kalsium dan fosfor. Plak yang menumpuk dapat menyebabkan peradangan pada gusi, akibatnya gusi bengkak, warnanya merah terang, dan mudah berdarah. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bau mulut karena plak akan diolah oleh bakteri dan menghasilkan senyawa sulfur yang menjadi sumber bau tak sedap. Bila tidak dibersihkan secara optimal, mineral-mineral yang berasal dari plak, air liur dan makanan akan terdeposit di dalam plak sehingga lama kelamaan plak akan mengeras, itulah yang disebut karang gigi (dental calculus).

Untuk membersihkan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan. Alat ultrasonic ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akarnya.

Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana agar karang gigi tidak terbentuk, dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi. Pembersihan karang gigi harus dilakukan, karena karang gigi yang dibiarkan dalam mulut dan tidak dibersihkan menyebabkan terjadinya keradangan gusi dan kemudian berlanjut pada tahap yang lebih parah yaitu keradangan jaringan pendukung gigi yang dapat menyebabkan goyangnya gigi dan selain itu karang gigi juga merupakan tempat bakteri berkembangbiak. Bila akan melakukan tindakan pada pasien bayi, baiknya pasien dipangku oleh orang tua, agar perawatan bisa berjalan lancar.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara menghilangkan karang gigi pada gigi bayi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar