Sukses

Mengatasi Vertigo

21 Aug 2017, 16:26 WIB
Pria, 26 tahun.

selamat pagi dok.... saya wanita usia 26 tahun... saya mau bertanya dok... pada bulan maret saya pernah opname sampai 2x dengan keluhan vertigo... vertigo yang sangat mengganggu... kepala berasa muter... mual dan muntah. sudah 3 minggu ini sering kumat... saya sering merasakan pusing muter dan mual.... namun dalam jangka waktu yg relatif singkat.... jadi pusing muternya hilang timbul dok.. sudah pernah konsultasi ke dokter spesialis saraf... menurut dokter spesialis saraf hanya vertigo biasa. tapi kox akhir2 ini sering bgt kumat dok... bagaimana cara pencegahannya dan penyembuhannya... terima kasih.....

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar vertigo melalui fitur Tanya Dokter.

Penanganan vertigo tergantung dari penyebab vertigo Anda. Pada beberapa keadaan, vertigo dapat sembuh dengan sendirinya. Terdapat beberapa terapi yang tersedia untuk membantu mengurangi gejala vertigo, yakni:

Rehabilitasi Vestibular
Rehabilitasi vestibular merupakan terapi yang bertujuan menguatkan sistem vestibular Anda. Fungsi dari sistem vestibular adalah untuk mengirimkan sinyal ke otak terkait gerakan Anda.

Manuver Reposisi Kanalith
Apabila penyebab vertigo Anda adalah BPPV, maka sebuah manuver untuk memindahkan deposit kalsium keluar dari kanal dapat dicoba. Dengan keluarnya partikel kalsium ini, diharapkan kanal akan kembali bersih.

Obat
Obat-obatan seperti beta histin dan dipenhidramin ataau skopolamin dapat mengatasi gejala vertigo.Pada beberapa kasus dapat diberikan antibiotik dan steroid untuk mengurangi peradangan dan infeksi.

Pembedahan
Langkah ini dapat diambil jika penyebab vertigo adalah tumor atau cedera pada otak dan leher. Penanganan berbagai masalah ini akan membantu mengurangi gejala vertigo.

Selain itu, sebaiknya anda konsultasikan kembali dengan dokter saraf anda untuk penanganan jangka panjang yang bisa anda lakukan untuk mencegah vertigo daatang kembali.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar vertigo, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar