Sukses

Keputihan Disertai Darah Dan Nyeri Perut

21 Aug 2017, 14:00 WIB
Wanita, 23 tahun.

Hai dok... Ada yang ingin saya tanyakan.. Bulan ini saya datang bulan tanggal 5 agustus untuk selesai datang bulannya di tanggal 11 agustus.. Selesai datang bulan saya mengalami keputihan seperti biasa namun pada tgl 18 agustus hingga sekarang saya mengalami keputihan bercampur bercak darah dan juga mengalami nyeri perut.. Kira-kira itu berbahaya atau tidak ya dok.. Atau hanya darah sisa dari menstruasi... Terimakasih dok..

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih telah menggunakan bertanya seputar Keputihan Disertai Darah Dan Nyeri Perut melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, terdapat beberapa hal yang perlu dikonfirmasi terlebih dahulu:

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus menstruasi Anda saat ini? Apakah berjalan teratur setiap 28-30 hari?
Berapa lama biasanya masa menstruasi Anda berlangsung?
Apakah setiap menstruasi Anda pasti mengeluhkan nyeri perut bawah yang cukup hebat untuk menghambat aktivitas Anda sehari-hari?
Apakah keputihan dan bercak darah yang Anda maksud terjadi di antara kedua siklus menstruasi Anda?
Apakah saat ini Anda juga mengalami keluhan demam, nyeri kepala, penurunan berat badan, aktivitas berlebih, dsb ?

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. Jika keputihan yang dialami oleh Anda termasuk keputihan abnormal maka perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam dan sebaiknya menghindari hubungan seksual terlebih dahulu.

Berdasarkan cerita Anda, kami menduga keputihan disertai darah yang Anda maksud adalah spotting.  Hal ini umumnya terkait dengan keseimbangan hormonal dan beberapa keadaan lain yaitu:

keguguran
konsumsi kontrasepsi hormonal
kadar hormon tiroid rendah
kondisi gizi (gizi kurang atau obesitas)
stres fisis maupun psikis
pemakaian alat kontrasepsi dalam rahim
luka pada kemaluan akibat upaya memasukkan suatu benda
adanya kelainan pada organ reproduksi, termasuk keganasan dan infeksi
konsumsi obat antikoagulan
kekeringan vagina
prosedur ginekologi tertentu, dsb


Mengingat begitu banyaknya keadaan yang dapat menyebabkan keluhan tersebut, idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana lebih lanjut. Terapi yang optimal baru dapat diberikan setelah diketahui penyebabnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan seputar Keputihan Disertai Darah Dan Nyeri Perut , semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar