Sukses

Nyeri Dan Bengkak Pada Lutut Dan Telapak Kaki

21 Aug 2017, 14:01 WIB
Wanita, 15 tahun.

Hai dok, saya mau tanya nih, selama 4 tahun ini kaki saya sering sakit. Tempatnya di sekitar bawah lutut terkadang juga di telapak kaki. Pernah pada waktu kumat saya berjalan agak pincang dan area kaki agak membengkak. Dan ini hanya terjadi pada kaki kanan saya. Sejauh yang saya amati sakitnya terjadi setelah saya terlalu lama berdiri atau melakukan sesuatu dengan bertumpu pada kaki kanan saya, terkadang jika saya mandi menggunakan air dingin atau kehujanan atau saya keluar malam, kaki tsb kumat kembali. Menurut hipotesis saya apakah karena dulu saat saya sD sering terjatuh dari motor dan tidak dilakukan pengobatan, dulu saat kelas 1 mts juga saya pernah tabrakan motor lalu saya jatuh dengan kaki kanan terlebih dahulu, dan setelah itu beberapa hari saya berjalan pincang, apakah karena ini kaki saya sakit? Mungkin ada yang retak, atau karena penyebab lain yang tidak saya sadari, kira kira penyakit apa atau hanya keseleo biasa ya dok?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih telah bertanya seputar Nyeri Dan Bengkak Pada Lutut Dan Telapak Kaki melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Nyeri pada lutut dan telapak kaki memiliki penyebab yang sangat beragam, yaitu:

  • Tarikan dan regangan otot
  • Artritis gout (akibat asam urat yang tinggi)
  • Terdapat tonjolan pada tulang-tulang kaki
  • Plantar fasciitis (nyeri pada tumit)
  • Nyeri/radang sendi
  • Cedera tendon Achilles (pergelangan kaki)
  • Kaki bengkak
  • Riwayat trauma/cedera kaki/patah tulang

Karena keterbatasan informasi dan lokasi nyeri (persisnya di bagian mana dan apakah terlihat kemerahan atau bengkak), kami sulit menentukan penyebabnya. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter.

Untuk sementara nyeri yang timbul dapat dibantu dengan kompres hangat atau rendam kaki di air hangat untuk mengurangi nyeri dan melancarkan aliran darah. Perhatikan pula hal-hal apa yang memicu maupun mengurangi nyeri.

Demikian informasi yang dapat Anda sampaikan seputar Nyeri Dan Bengkak Pada Lutut Dan Telapak Kaki, semoga bermnafaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar