Sukses

Dampak Penggunaan Penyedap Saat Hamil

21 Aug 2017, 14:01 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok..waktu Saya hamil 3 bulan .. Sya pernah konsumsi obat dari resep dokter ..krna sering mual gk slera mkn .. Gk kuat berdiri kelmaan trus mnggunakn penyedap rasa waktu hamil ..pengaruh ny ap y dok?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Dampak Penggunaan Penyedap Saat Hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

MSG (monosodium glutamat) atau yang lebih dikenal dengan istilah vetsin atau bumbu penyedap adalah salah satu senyawa kimia yang pada konsentrasi tertentu tidak memiliki rasa, namun dapat memperkuat atau memodifikasi rasa makanan.

Glutamat secara alami terdapat di berbagai bahan makanan seperti keju, tomat, dan ikan. Glutamat pada dasarnya dibutuhkan usus dan plasenta sebagai sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk melihat manfaat dan bahaya dari MSG. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dalam jumlah tertentu, MSG masih dikategorikan aman untuk dikonsumsi. Batasan aman tersebut kurang lebih adalah 0,3 - 1 gram per hari.

Glutamat tidak dapat melalui barier palasenta atau dalam kata lain tidak berpengaruh secara langsung terhadap janin. Namun bagaimanapun juga MSG diduga sebahai pencetus dari berbagai keluhan penyakit yang dikenal dengan Chinese Restaurant Syndrome (CRS). Selain itu, konsumsi MSG juga diduga berkaitan dengan gangguan alergi.

Makanan instant merupakan salah satu sumber dari MSG. Karena itulah berhati-hati untuk tidak terlalu berlebihan mengonsumsi MSG.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Dampak Penggunaan Penyedap Saat Hamil. Semoga bermanfaat. 

 

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar