Sukses

Polip Serviks Saat Hamil
20 Aug 2017, 06:10 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dokter saya d diagnosa penyakit polip servix uteri trus saya harus d tindak lanjuti dengan tindakan kuret.tgl 16 agustus 2017 saya pun kuret.tgl 19 agustus 2017 saya pulang tapi alangkah terkejutnya saya waktu saya iseng iseng tes pek kehamilan koq hasilnya bergaris dua alias positif.memang sebelum melakukan kuret saya sempet telat 2 bulan..yang saya tanyakn apakah kuret itu bisa d lakukan tanpa menyakiti janin saya atu mungkin ada yg lain dokter mohon jawaban dari dokter...saya tunggu..

Terimakasih telah bertanya tentang polip serviks saat hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Polip serviks merupakan pertumbuhan jinak bertangkai dari leher rahim. Polip serviks ini umum terjadi pada saat hamil akibat peningkatan hormon estrogen. Penyebabnya ialah human papilloma virus (HPV) yang juga menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks, akan tetapi tipenya jinak.

Polip serviks dapat meluruh sendirinya ketika Anda haid atau saat berhubungan intim. Biasanya polip ini tidak rutin dihilangkan jika tidak menimbulkan gejala yang mengganggu.

Untuk menghilangkan polip serviks, yang dilakukan bukan kuret (membersihkan jaringan rahim), akan tetapi 'pemotongan' atau 'penjepitan' tangkai polip agar lepas. Ini dilakukan di bagian leher rahim dan bukan dinding rahim tempat menempelnya janin.

Pada kasus polip serviks yang ditemukan saat hamil, biasanya diobservasi saja, kecuali menimbulkan perdarahan. Tetapi, jika Anda menginginkannya, prosedur tersebut tidak akan mengganggu janin.

Kami sarankan agar Anda mendiskusikan pilihan terapi ini dengan dokter kebidanan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar polip serviks saat hamil. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar